ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI USAHATANI PADI 5 KABUPATEN PENGHASIL PADI TERBESAR DI JAWA BARAT (STUDI KASUS KAB. INDRAMAYU, KAB. SUBANG, KAB. KARAWANG, KAB. SUKABUMI DAN KAB. GARUT)

RIZKY AHMAD FAUZI, NIM. 12810036 (2016) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI USAHATANI PADI 5 KABUPATEN PENGHASIL PADI TERBESAR DI JAWA BARAT (STUDI KASUS KAB. INDRAMAYU, KAB. SUBANG, KAB. KARAWANG, KAB. SUKABUMI DAN KAB. GARUT). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI USAHATANI PADI 5 KABUPATEN PENGHASIL PADI TERBESAR DI JAWA BARAT (STUDI KASUS KAB. INDRAMAYU, KAB. SUBANG, KAB. KARAWANG, KAB. SUKABUMI DAN KAB. GARUT))
12810036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI USAHATANI PADI 5 KABUPATEN PENGHASIL PADI TERBESAR DI JAWA BARAT (STUDI KASUS KAB. INDRAMAYU, KAB. SUBANG, KAB. KARAWANG, KAB. SUKABUMI DAN KAB. GARUT))
12810036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (865kB)

Abstract

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi dengan penghasil padi terbesar di Pulau Jawa. Kontribusi terbesar PDRB Jawa Barat salah satunya yaitu dari sektor pertanian. Dan padi merupakan komoditas terbesar yang dihasilkan dibandingkan dengan komoditas lainnya, karena mayoritas di Indonesia mengkonsumsi beras sebagai makanan pokok. Dalam upaya meningkatkan produksi padi guna membantu PDRB di Jawa Barat dengan melalui sektor pertanian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh inputinput produksi dan seberapa besar pengaruhnya terhadap padi di Jawa Barat. Variabel independen pada penelitian ini terdiri dari luas lahan, tenaga kerja, pupuk, dan Dana Tugas Pembantu (DTP). Dan dengan variabel dependennya yaitu produksi padi. Objek penelitian yang dipilih yaitu lima kabupaten penghasil padi terbesar di Jawa Barat yaitu Kab. Indramayu, Kab. Subang, Kab. Karawang, Kab. Sukabumi dan Kab. Garut dengan periode tahun 2009 sampai 2014. Data yang digunakan merupakan data sekunder dari lima kabupaten tersebut. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel. Hasil penelitian ini adalah variabel luas lahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap produksi padi, sedangkan tenaga kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap produksi padi. Dan variabel pupuk dan Dana Tugas Pembantu (DTP) tidak berpengaruh pada produksi padi. Hasil pada variabel tenaga kerja, mendukung teori fungsi produksi tunduk pada hukum The Law Of Diminishing Returns. Artinya variabel tenaga kerja telah melewati titik maksimum sehingga memberikan pengaruh yang mula-mula meningkat menjadi negatif atau menjadi menurun terhadap produksi padi. Kata Kunci: Faktor, Produksi, Usahatani, Padi, Jawa Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: JAUHAR FARADIS, S.H.I., MA
Uncontrolled Keywords: Faktor, Produksi, Usahatani, Padi, Jawa Barat.
Subjects: Ekonomi Islam
Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jun 2016 07:43
Last Modified: 03 Jun 2016 07:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20851

Actions (login required)

View Item View Item