KAUSALITAS UPAH MINIMUM REGIONAL DENGAN LAJU INFLASI DI PROVINSI D.I. YOGYAKARTA TAHUN 1990-2012 (DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH)

MOHAMMAD KHAERUL AZIZ, NIM: 12810060 (2016) KAUSALITAS UPAH MINIMUM REGIONAL DENGAN LAJU INFLASI DI PROVINSI D.I. YOGYAKARTA TAHUN 1990-2012 (DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KAUSALITAS UPAH MINIMUM REGIONAL DENGAN LAJU INFLASI DI PROVINSI D.I. YOGYAKARTA TAHUN 1990-2012 (DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH))
12810060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KAUSALITAS UPAH MINIMUM REGIONAL DENGAN LAJU INFLASI DI PROVINSI D.I. YOGYAKARTA TAHUN 1990-2012 (DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH))
12810060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kausalitas antara upah minimum regional (UMR) dengan laju inflasi, serta hubungan jangka panjang dari kedua variabel tersebut. Beberapa penelitian sebelumnya mengatakan bahwa terdapat hubungan yang searah, baik inflasi memengaruhi UMR, maupun UMR yang memengaruhi inflasi. Bahkan ada juga penelitian yang menemukan bahwa terdapat hubungan dua arah (timbal balik) antara keduanya. Dalam perspektif Ekonomi Syariah, rambu-rambu dalam pemberian upah yaitu memenuhi unsur keadilan dan kelayakan. Adil bermakna jelas dan transparan. Sedangkan layak bermakna cukup sandang, pangan, dan papan serta sesuai dengan keadaan ekonomi saat itu. Dalam penelitian ini, alat analisis yang digunakan adalah model Vector Autoregression (VAR). Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hubungan antara UMR dengan inflasi di provinsi DIY merupakan hubungan yang searah (unidirectional relationship), dimana inflasi memengaruhi jumlah upah minimum yang ditetapkan. Hasil ini menunjukkan bahwa upah minimum regional yang ditetapkan di provinsi DIY telah sesuai dengan prinsip pemberian upah dalam perspektif Ekonomi Syariah karena salah satu pertimbangan dalam penetapannya adalah inflasi. Dengan begitu, unsur kelayakan sebagai salah satu unsur dalam pemberian upah terpenuhi. Melalui penelitian ini juga disimpulkan bahwa antara upah minimum regional (UMR) dengan inflasi terdapat hubungan jangka panjang. Kata kunci: UMR, Inflasi, Kausalitas, VAR

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: M. GHAFUR WIBOWO, SE., M.SC.
Uncontrolled Keywords: UMR, Inflasi, Kausalitas, VAR
Subjects: Ekonomi Islam
Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Jun 2016 08:13
Last Modified: 01 Jun 2016 08:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20855

Actions (login required)

View Item View Item