ANALISIS POTENSI DAN PREFERENSI YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT UNTUK MENGGUNAKAN E-MONEY

FITRI HANDAYANI NUR HAKIM, NIM. 12810073 (2016) ANALISIS POTENSI DAN PREFERENSI YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT UNTUK MENGGUNAKAN E-MONEY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS POTENSI DAN PREFERENSI YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT UNTUK MENGGUNAKAN E-MONEY)
12810073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS POTENSI DAN PREFERENSI YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT UNTUK MENGGUNAKAN E-MONEY)
12810073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan teknologi yang pesat memberikan dampak pada kehidupan masyarakat. Masyarakat menginginkan semua kegiatan dapat dilakukan dengan efisien dan efektif. Keinginan ini berlaku pula pada sistem pembayaran, masyarakat menginginkan adanya alat pembayaran yang mudah dan cepat. Hal inilah yang mendasari penulis untuk tertarik melakukan penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat untuk menggunakan alat pembayaran non tunai (e-money) di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat untuk menggunakan e-money, dilihat dari dua aspek yaitu aspek potensi yang ditinjau dari faktor domisili, jenis kelamin, umur, pendidikan, pendapatan, dan aspek preferensi yang ditinjau dari faktor informasi, manfaat, teknologi, dan motivasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh dari hasil survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden di DIY. Untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan uji Logistic Regression. Dari 100 orang yang dijadikan sebagai responden, 73 responden berminat menggunakan emoney dan 27 responden tidak berminat menggunakan e-money. Berdasarkan pada analisis yang telah dilakukan masyarakat yang berjenis kelamin perempuan, berumur muda, memiliki jenjang pendidikan yang tinggi, dan berpendapatan yang tinggi mempunyai potensi yang besar untuk menggunakan emoney. Sedangkan hasil dari pengujian yang telah dilakukan, faktor yang mempengaruhi preferensi masyarakat yaitu informasi, manfaat, teknologi, dan motivasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat untuk menggunakan e-money. Dalam berkonsumsi menggunakan e-money, masyarakat harus memperhatikan kaidah berkonsumsi yaitu tidak menggunakan e-money untuk melakukan transaksi haram; memperhatikan aspek kesederhanaan, seimbangan dengan pendapatan, dan melakukan penyimpanan atau investasi; memprioritaskan pembelian kebutuhan primer; memberikan contoh berkonsumsi yang baik; tidak mengeksploitasi sumber daya alam; dan tidak meniru sikap suka menghambur-hamburkan uang atau hedonisme. Kata kunci: Sistem Pembayaran, E-Money, Minat, Potensi, Preferensi, dan Konsumsi ABSTRACT Rapid technological advances that make an impact on people's lives. Society wants all activities can be done efficiently and effectively. Desire applies to the payment system, people want the payment instrument that is easy and fast. This is what underlies the author's interested in doing research on the factors that affect the public interest to use non-cash means of payment (e-money) in the Province of Daerah Isitmewa Yogyakarta. To determine the factors that affect the interest of the public to use e-money, viewed from two aspects, of potential in terms of factor of residence, gender, age, education, income, and other aspects of preferences in terms of factors of information, benefits, technology, and motivation. This study uses quantitative methods with descriptive research. The data used is primary data obtained from the survey by distributing questionnaires to 100 respondents in DIY. To analyze the data obtained is used Logistic Regression testing. Of the 100 people who serve as respondents, 73 respondents are interested in using e-money and 27 respondents are not interested in using emoney. Based on the analysis conducted community female sex, younger age, have a high education and high income has a great potential for the use of e-money. While the results of the testing that was done, the factors that influence people's preferences in terms of information, benefits, technology, and motivation has a positive and significant impact on the public interest to use e-money. To consume using e-money, the public should be paying more attention to consume does not use e-money to make illegitimate transactions; the aspect of simplicity, balance with revenues, and to store or investment; prioritize the purchase of a primary need; provide examples of good consume; not exploit natural resources; and do not imitate the attitude like spending money or hedonism. Keywords: Payment System, E-Money, Interest, Potency, Preference and Consumption

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sunarsih, S.E., M.Si
Uncontrolled Keywords: Payment System, E-Money, Interest, Potency, Preference and Consumption, Sistem Pembayaran, E-Money, Minat, Potensi, Preferensi, dan Konsumsi
Subjects: Ekonomi Islam
Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jun 2016 07:46
Last Modified: 03 Jun 2016 07:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20859

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum