PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM KASUS PEMADAMAN LISTRIK DI AREA KOTA YOGYAKARTA

ONI ANGGRAENI YULININGRUM, NIM. 12340144 (2016) PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM KASUS PEMADAMAN LISTRIK DI AREA KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM KASUS PEMADAMAN LISTRIK DI AREA KOTA YOGYAKARTA)
12340144_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM KASUS PEMADAMAN LISTRIK DI AREA KOTA YOGYAKARTA)
12340144_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

PT. PLN (Persero) merupakan suatu perusahaan listrik milik negara yang telah banyak memberikan kontribusi yang besar dalam memasok kebutuhan listrik untuk masyarakat, karena sebagian besar kebutuhan masyarakat sangat bergantung dari energi listrik. Maka tidak dapat dipungkiri bahwa energi listrik sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Peraturan yang materinya melindungi kepentingan konsumen maupun pelaku usaha listrik yaitu Undang- Undang No. 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan. Di dalam Pasal 1 ayat (10) UU Ketenagalistrikan ini, hubungan konsumen listrik atau pengguna jasa listrik dengan pihak PT. PLN adalah jual beli tenaga listrik yang diatur dalam Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL). Dalam perjanjian tersebut pengguna jasa listrik mengikatkan dirinya untuk membayar rekening listrik dan berhak mendapatkan tenaga listrik dan/atau pelayanan ketenagalistrikan. Namun apabila diperhatikan dalam kenyataannya masih ada konsumen PT. PLN (Persero) Area Kota Yogyakarta yang tidak menerima pelayanan listrik secara semestinya. Kendala yang masih banyak dihadapi di bidang listrik yang merugikan konsumen antara lain informasi pemadaman listrik PT. PLN (Persero) Area Kota Yogyakarta yang kurang diketahui maupun dipahami oleh konsumen. Pemadaman listrik di area Kota Yogyakarta menimbulkan kerugian bagi konsumen berupa kerugian materiil maupun imateriil. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yaitu penelitian langsung yang penyusun lakukan secara intensif, terinci dan mendalam pada PT. PLN (Persero) Area Kota Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara kepada narasumber dan kuisioner yang dibagikan kepada pelanggan PT. PLN (Persero) Area Kota Yogyakarta. Dalam menganalisis data dari hasil penelitian yang dilakukan adalah mengolah data primer dan sekunder selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Kemudian dilakukan pembahasan dan ditemukan kesimpulan. Setelah dilakukan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa pelayanan PT. PLN (Persero) Area Kota Yogyakarta kepada konsumen dalam pelaksanaan pemadaman listrik telah sesuai dengan UU Perlindungan Konsumen, UU Ketenagalistrikan dan standar operasional prosedur (SOP) perencanaan pemadaman PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta. Pengumuman juga telah di informasikan sebelum pemadaman melalui media cetak, elektronik dan media sosial. Akan tetapi dari pihak konsumen kurang berperan aktif untuk mendapatkan hak dan kewajibannya karena tingkat pengetahuan konsumen masih rendah. Apabila ada keluhan pemadaman listrik konsumen juga kurang memanfaatkan sarana informasi yang disediakan guna memperoleh informasi yang benar dan jelas. Upaya hukum yang dapat ditempuh konsumen yang merasa dirugikan yaitu memilih langsung melakukan upaya hukum ke kantor PT. PLN (Persero) Area Kota Yogyakarta. Selain itu, juga dapat menyampaikan ke Lembaga Konsumen Yogyakarta (LKY), tetapi konsumen belum pernah melakukan upaya hukum tersebut. Apabila terjadi permasalahan antara konsumen dengan pihak PT. PLN (Persero) Area Kota Yogyakarta, akan diselesaikan secara damai sebelum permasalahan sampai ke meja pengadilan serta berusaha untuk memenuhi kepuasan pelayanan konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sri Wahyuni, M.Ag., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: konsumen, perlindungan konsumen, undang-undang, ketenagalistrikan
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 27 May 2016 15:49
Last Modified: 27 May 2016 15:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20867

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum