PENGARUH PERMAINAN KARTU KUARTET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI KENTUNGAN SEMESTER I TAHUN AJARAN 2015/2016

ADI ARDIANSYAH, NIM. 11710008 (2016) PENGARUH PERMAINAN KARTU KUARTET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI KENTUNGAN SEMESTER I TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERMAINAN KARTU KUARTET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI KENTUNGAN SEMESTER I TAHUN AJARAN 2015/2016)
11710008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERMAINAN KARTU KUARTET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI KENTUNGAN SEMESTER I TAHUN AJARAN 2015/2016)
11710008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (827kB)

Abstract

ABSTRACT This study aims to determine the effect of quartet card game to science subjects learning motivation in the sixth grade of elementary school students. This research is true experimental design pretest-posttest with control group design. The subjects of this research were 24 students in the sixth grade of SD Negeri Kentungan coming from class A and class B. The sampling technique used purposive sampling with the subject criteria have learning motivation were classified from middle to lower. The data were collected with the scale of learning motivation. The data were analyzed using Wilcoxon and Mann-Whitney U. The results showed that the hypothesis is not accepted, where there is no effect of quartet card game to science subjects learning motivation in the sixth grade of SD Negeri Kentungan where the learning motivation is not increased with quartet card game. Wilcoxon analysis results in significance level sig. (2-tailed) in 0.440 (p> 0.05), which indicates that there is no effect of quartet card game to science subjects learning motivation. Mann-Whitney U analysis results showed a difference index in 42,500 and p = 0.088 (p> 0.05), which states that there is no difference in science subjects learning motivation in the experimental group and the control group after being given the quartet card game. Not accepted of the hypothesis in this study due to the limitations of treatment in fulfilling aspects needed to increase the learning motivation and the limitations of the measuring instrument in measuring the learning motivation of students. Key Words: Quartet Card Game, Learning Motivation INTISARI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan kartu kuartet terhadap motivasi belajar mata pelajaran IPA pada siswa kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian true eksperimental dengan desain pretestpostest control group design. Subjek penelitian berjumlah 24 siswa kelas VI SD Negeri Kentungan yang berasal dari kelas A dan kelas B. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria subjek memiliki motivasi belajar yang tergolong sedang ke bawah. Metode pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar. Analisis data menggunakan Wilcoxon dan Mann Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini tidak diterima, dimana tidak ada pengaruh permainan kartu kuartet terhadap motivasi belajar mata pelajaran IPA pada siswa kelas VI SD Negeri kentungan dimana motivasi belajar tidak meningkat dengan adanya permainan kartu kuartet. Hasil analisis Wilcoxon dengan taraf signifikansi sig. (2-Tailed) sebesar 0,440 (p>0,05) yang menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh permainan kartu kuartet terhadap motivasi belajar mata pelajara IPA. Hasil analisis Mann Whitney U menunjukkan indeks perbedaan sebesar 42,500 dan p=0,088 (p>0,05) yang menyatakan bahwa tidak ada perbedaan motivasi belajar mata pelajaran IPA pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah diberikan permainan kartu kuartet. Tidak siginfikannya hasil penelitian ini disebabkan karena keterbatasan perlakuan dalam memenuhi aspek yang dibutuhkan untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterbatasan alat ukur dalam mengukur motivasi belajar siswa. Kata Kunci: Permainan Kartu Kuartet, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: R. Rachmy Diana, S. Psi., M. A
Uncontrolled Keywords: Quartet Card Game, Learning Motivation, Permainan Kartu Kuartet, Motivasi Belajar
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Jun 2016 00:33
Last Modified: 01 Jun 2016 00:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20869

Actions (login required)

View Item View Item