HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN KARAKTER DAN KELELAHAN BERKELANJUTAN (BURNOUT) PADA GURU SLB DI KOTA YOGYAKARTA

MAFTUHAH, NIM. 11710088 (2016) HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN KARAKTER DAN KELELAHAN BERKELANJUTAN (BURNOUT) PADA GURU SLB DI KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN KARAKTER DAN KELELAHAN BERKELANJUTAN (BURNOUT) PADA GURU SLB DI KOTA YOGYAKARTA)
11710088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN KARAKTER DAN KELELAHAN BERKELANJUTAN (BURNOUT) PADA GURU SLB DI KOTA YOGYAKARTA)
11710088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

The purpose of this research was to examine the correlation between character strength and burnout. The hypothesis of this research is there were negative correlation between character strength and burnout. The subjects in this research are 66 (sixty six) teachers of Extraordinary School in Yogyakarta. Data analysis was performed with statistical technique Product Moment from Pearson, and analysis regression with the help of SPSS (Statistical Package for Social Science) software. From the analysis data, the result has the values of r = -0,766 and p=0,000 (p<0,001). Thats mean the hypothesis in this research are acceptance. There are very significant between Character Strength and burnout of Extraordinary School teacher in Yogyakarta. The contribution variable of Character Strength toward variable burnout in this research was showed by the coefficient of determinant (r2) value of 0,588. Character Strength contributed effectively 58,8% toward burnout, while the rest of 41,2% are contributed by other factors. While the result of 24 regression analysis showed that there are 5 character strength that give the most effect burnout, wich is the curiousity, creativity, vitality, humor and hope. Key words: Burnout, Character Strength, and Teacher Extraordinary School. [ABSTRAK INDONESIA] Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kekuatan karakter dan kelelahan berkelanjutan (burnout). hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara kekuatan karakter dan kelelahan berkelanjutan (burnout) pada guru SLB di Kota Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah 66 orang guru di SLB Yogyakarta. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah product moment dari Pearson serta analisis regresi dan dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS (Statistical Package for Social Science). Hasil statistik menunjukkan nilai r= -0,766 dan p=0,000 (p<0,001), artinya ada hubungan negatif yang kuat dan sangat signifikan antara variabel kekuatan karakter dengan variabel kelelahan berkelanjutan (burnout) pada guru SLB di Kota Yogyakarta, dengan demikian hipotesis diterima. Kontribusi variabel kekuatan karakter terhadap variabel kelelahan berkelanjutan (burnout) dalam penelitian ini ditunjukkan dengan koefisien determinan 0,588. Kekuatan karakter memberikan sumbangan efektif sebesar 58,8% terhadap kelelahan berkelanjutan (burnout) dan sisanya 41,2% merupakan sumbangan faktor lain. Sedangkan hasil uji analisis regresi 24 prediktor menunjukkan bahwa terdapat 5 kekuatan karakter yang mempengaruhi penurunan kelelahan berkelanjutan (burnout), yakni keingintahuan, kreatifitas, memiliki semangat hidup, humor dan harapan. Kata kunci : Kekuatan Karakter, Kelelahan Berkelanjutan (burnout), Guru Sekolah Luar Biasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Raden Rachmy Diana S. Psi., M. A
Uncontrolled Keywords: Kekuatan Karakter, Kelelahan Berkelanjutan (burnout), Guru Sekolah Luar Biasa, Burnout, Character Strength, and Teacher Extraordinary School
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jun 2016 01:34
Last Modified: 02 Jun 2016 01:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20876

Actions (login required)

View Item View Item