ISLAM DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MARGINAL (STUDI PERANAN MPS-PDM TANGERANG SELATAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN STATUS SOSIAL PARA PEMULUNG DI KELURAHAN RENI JAYA PAMULANG KOTA TANGERANG SELATAN BANTEN)

SETIONO, NIM. 12520004 (2016) ISLAM DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MARGINAL (STUDI PERANAN MPS-PDM TANGERANG SELATAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN STATUS SOSIAL PARA PEMULUNG DI KELURAHAN RENI JAYA PAMULANG KOTA TANGERANG SELATAN BANTEN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ISLAM DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MARGINAL (STUDI PERANAN MPS-PDM TANGERANG SELATAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN STATUS SOSIAL PARA PEMULUNG DI KELURAHAN RENI JAYA PAMULANG KOTA TANGERANG SELATAN BANTEN))
12520004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ISLAM DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MARGINAL (STUDI PERANAN MPS-PDM TANGERANG SELATAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN STATUS SOSIAL PARA PEMULUNG DI KELURAHAN RENI JAYA PAMULANG KOTA TANGERANG SELATAN BANTEN))
12520004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Pertumbuhan penduduk yang sangat pesat merupakan faktor penting dalam peningkatan penyandang masalah sosial ekonomi. Studi ini mengangkat peran Majelis Pelayanan Sosial Pimpinan Daerah Muhammadiyah (MPS-PDM) Tangerang Selatan dalam pemberdayaan masyarakat marginal dan bagaimana pandangan MPS-PDM Tangerang Selatan mengenai pemberdayaan masyarakat marginal serta bagaimana upaya MPS-PDM Tangerang Selatan dalam upayanya memberdayakan masyarakat marginal, yaitu meningkatkan status sosial para pemulung. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan sosiologi agama, sehingga penelitian ini bersifat kualitatif. Agama yang ada dalam kehidupan masyarakat memiliki fungsi dan peranan penting dalam mengubah dan memberikan motivasi kepada masyarakat untuk menciptakan tatanan kehidupan yang harmonis dan berkemajuan. Karena agama tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Agama menjadi acuan dasar dalam berinteraksi dan membangun sebuah peradaban yang berkemajuan, sehingga agama memiliki andil dalam merespon kemajuan zaman. Salah satu respon dari agama adalah menerapkan fungsi dan peran atau nilai-nilai moralnya kepada masyarakat, khususnya agama harus merespon dan peduli terhadap kaum marginal (kaum terpinggirkan) dengan penerapan nilai-nilai agama dan melalui pemberdayaan (empowerment), di harapkan agama menjadi agen perubahan dan kekuatan. Kesimpulan dari penelitian ini, bahwa MPS-PDM Tangerang Selatan mengartikan pemberdayaan masyarakat marginal adalah sebagai bentuk penerapan dari fungsi dan nilai-nilai ajaran ke-Islaman. Intisari dari etos pemberdayaan masyarakat marginal dapat disimpulkan dengan beribadah dalam bekerja dan bekerja dalam ibadah. Karena berkarya bagi setiap manusia merupakan manifestasi keimanan, yang berkaitan dengan tujuan hidup, yaitu beribadah dalam rangka memperoleh ridha Tuhan. Berkarya bukan sekadar bertujuan memuliakan diri, tetapi juga sebagai manifestasi amal shalih (karya produktif). Upaya yang dilakukan MPS-PDM Tangerang Selatan dalam memberikan pelayanan sosial melalui pemberdayaan masyarakat secara progresif (konsisten). Dalam memberikan pelayanan, ada beberapa upaya yang dilakukan oleh MPS-PDM Tangerang Selatan, yaitu: melakukan penyuluhan, bimbingan atau pembinaan baik fisik, mental ataupun sosial, memberikan keterampilan, motivasi, kemandirian, pengawasan sosial dan pembiayaan, menyalurkan pekerjaan, dan memberikan pemahaman tentang agama. Dengan demikian, bahwa pemberdayaan masyarakat marginal merupakan usaha yang dilakukan secara berkesinambungan dan upaya untuk memampukan dan memandirikan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. AHMAD SINGGIH BASUKI, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pemulung, Pemberdayaan Masyarakat Marginal
Subjects: Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Perbandingan Agama (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 May 2016 11:21
Last Modified: 30 May 2016 11:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20888

Actions (login required)

View Item View Item