MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA AL-MUAYYAD SURAKARTA (KAJIAN ANALISIS SWOT)

SADAM SILAKHUDIN, NIM. 1220410268 (2016) MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA AL-MUAYYAD SURAKARTA (KAJIAN ANALISIS SWOT). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA AL-MUAYYAD SURAKARTA (KAJIAN ANALISIS SWOT))
1220410268_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA AL-MUAYYAD SURAKARTA (KAJIAN ANALISIS SWOT))
1220410268_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sadam Silakhudin Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab di SMA Al- Muayyad Surakarta (Kajian Analisis SWOT) Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui kualitas manajemen pembelajaran bahasa Arab di SMA Al-Muayyad Surakarta ditinjau dari aspek perencanaan, aspek pengorganisasian, aspek pelaksanaan dan aspek evaluasi, kedua, untuk mengetahui kekuatan,kelemahan, peluang dan ancaman dalam pembelajaran bahasa Arab berdasarkan analisis SWOT. Penelitian ini merupakan penilitian lapangan yang bersifat kualitatif di laksanakan di SMA Al-Muayyad Surakarta, sumber penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru mata pelajaran bahasa Arab, murid dan karyawan sekolah. Artinya penulis melakukan penelitian ini hanya terfokus dalam pembelajaran bahasa Arab di SMA Al-Muayyad untuk kelas X dan XI. Teknik pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Sedangkan untuk uji validitas data penulis menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini pertama, Persiapan pembelajaran bahasa Arab di SMA Al-Muayyad yang meliputi pembuatan RPP, Silabus, Program Semester, Program tahunan belum berjalan dengan baik. Adapun sarana dan prasarana serta sumber buku pelajaran bahasa Arab di SMA Al-Muayyad sangat kurang. Selain itu persiapan keuangan untuk menunjang pembelajaran bahasa Arab belum menjadi prioritas sekolah. Kepala Sekolah sudah melakukan pembagian tugas secara jelas terhadap seluruh guru dan seluruh staf dengan baik. Walaupun demikian, guru belum membuat administrasi guru dengan baik dan lengkap, sebab administrasi tersebut menjadi acuan guru dalam menentukan waktu serta program-program agar tersusun dengan rapi. Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di SMA Al- Muayyad belum optimal. Strategi maupun metode yang digunakan yaitu metode ceramah membuat peserta didik jenuh dan bosan begitu juga dengan media yang digunakan guru, dalam pembelajaran bahasa Arab baru sebatas menggunakan buku LKS “Hikmah”. Guru belum menggunakan media yang variatif seperti tape dan media lain yang mendukung kemampuan berbahasa peserta didik. Guru juga kurang menguasahi metode pembelajaran dengan baik. Guru belum melakukan evaluasi secara berkala dengan teratur. Evaluasi yang dilaksanakan di SMA Al- Muayyad adalah evaluasi yang dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah setiap akhir semester serta waktu kenaikan kelas. Kedua, Kurangnya perhatian dari pihak yayasan dalam pengembangan mutu pendidikan di SMA Al-Muayyad terutama dalam pendidikan bahasa Arab seharusnya pihak sekolah dan pihak Yayasan melakukan kerja sama yang intens dalam mempersiapkan perencanaan yang matang dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di SMA Al-Muayyad. Peran Kepala Sekolah dan guru dalam bekerjasama untuk melaksanakan kewajibannya masing-masing sangatlah penting supaya seluruh kegiatan dalam vi pembelajaran bahasa Arab dapat berjalan sesuai dengan apa yang sudah terjadwalkan, baik dalam proses perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi. Sudah waktunya pihak Kepala Sekolah dan yayasan memperhatikan beban guru yang mengajar lebih dari satu mata pelajaran. Dengan memfokuskan guru untuk mengajar satu mata pelajaran, diharapkan guru lebih bisa fokus dalam mengembangkan bidang yang ditugaskan. Kepala Sekolah dan guru seharusnya menyadari tentang pentingnya evaluasi secara berkala. Dengan adanya evaluasi secara berkala, kepala sekolah dan guru mampu secara cermat mengamati sejauh mana perkembangan peserta didik dalam mempelajari bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sembodo Ardi Widodo, MA.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Jun 2016 07:53
Last Modified: 01 Jun 2016 07:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20894

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum