KURIKULUM BAHASA ASING (ANALISIS KOMPARATIF KURIKULUM BAHASA ARAB DAN BAHASA INGGRIS DI MADRASAH ALIYAH)

MOH ASLAM, NIM. 1220411197 (2016) KURIKULUM BAHASA ASING (ANALISIS KOMPARATIF KURIKULUM BAHASA ARAB DAN BAHASA INGGRIS DI MADRASAH ALIYAH). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KURIKULUM BAHASA ASING (ANALISIS KOMPARATIF KURIKULUM BAHASA ARAB DAN BAHASA INGGRIS DI MADRASAH ALIYAH))
1220411197_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KURIKULUM BAHASA ASING (ANALISIS KOMPARATIF KURIKULUM BAHASA ARAB DAN BAHASA INGGRIS DI MADRASAH ALIYAH))
1220411197_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Moh. Aslam. Kurikulum Bahasa Asing.(analisis komparatif kurikulum bahasa Arab dan bahasa Inggris di Madrasah Aliyah) . Tesis. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Kurikulum merupakan jantung dalam pendidikan, sebuah proses belajar- mengajar dan merupakan faktor yang berpengaruh terhadap mutu pendidikan. Implementasinya di sekolah, kurikulum mampunyai kedudukan sentral dalam seluruh proses pendidikan. Kurikulum mengarahkan segala bentuk aktivitas pendidikan demi tercapainya tujuan-tujuan pendidikan. Serta memberikan pedoman dan pegangan tentang jenis, lingkup dan urutan isi, serta proses pendidikan. Sedangkan pembahasan mengenai kurikulum dan teori-teori yang menyertainya tidak dapat dipisahkan dari empat aspek. Pertama, hubungan antara kurikulum dengan berbagai faktor yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi kurikulum. Kedua, hubungan antara kurikulum dengan struktur kompetensi (pengetahuan, ketrampilan, sikap dan nilai-nilai) yang harus dikuasai peserta didik. Ketiga, hubungan antara kurikulum dengan pembelajaran. Keempat, hubungan antara kurikulum dengan komponen-komponen kurikulum itu sendiri seperti tujuan, isi/materi, metode dan evaluasi. Tesis ini mempunyai tujuan mengkaji ruang lingkup kurikulum bahasa Arab dan bahasa Inggris di Madrasah Aliyah serta menjelaskan pendekatan komparasi yakni penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui dan atau menguji perbedaan duanya. Jenis penelitian ini adalah adalah penelitian kualitatif (Qualitative research). Penelitian kualitatif berusaha memahami dan menafsirkan makna suatu peristiwa dalam situasi tertentu menurut perspektif peneliti sendiri. Penelitian kualitatif adalah sebuah proses penyelidikan untuk memahami masalah berdasarkan pada penciptaan gambar holistik yang dibentuk kata-kata dan berusaha memahami dan menafsirkan makna suatu teks dalam sebuah latar ilmiah Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik pengumpulan data menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research). Karena penelitian ini sifatnya literatur, maka proses pengumpulan data diperoleh melalui pencarian buku-buku, jurnal, makalah dan lain sebagainya serta sumber- sumber yang lain yang terkait dengan penelitian ini. Upaya penelitian ini lebih menitik beratkan pada analisis literer, maka data-data yang diperoleh dari sumber primer, sekunder dan temuan-temuan tersebut di analisis, direfleksi dan dideskripsikan serta dielaborasi dengan teori-teori tentang kurikulum sehingga hasil penelitiannya lebih akurat dan kredibel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, komparasi kurikulum bahasa Arab dan bahasa Inggris secara umum terdapat perbedaan yang signifikan ditinjau dari aspek tujuan, standar kompetensi lulusan, struktur kurikulum, ruang lingkup, standar kompetensi dan kompetensi dasar. Hal tersebut dimaksudkan demi tercapainya ix kemampuan berbahasa secara aktif dan pasif meliputi kemampuan menyimak, kemampuan bercakap atau berbicara, kemampuan membaca dan kemampuan menulis. Jadi, dalam pengajaran bahasa Arab maupun bahasa Inggris bertujuan mengembangkan empat kemampuan berbahasa sekaligus. .

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Syihabuddin Qalyubi, Lc, M.A.
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Bahasa Arab dan Inggris.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Jun 2016 07:55
Last Modified: 01 Jun 2016 07:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20895

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum