PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB UNTUK PROGRAM PESANTREN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB IAIN SURAKARTA

MUHAMMAD ZAENURI, NIM. 1320411046 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB UNTUK PROGRAM PESANTREN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB IAIN SURAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB UNTUK PROGRAM PESANTREN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB IAIN SURAKARTA)
1320411046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB UNTUK PROGRAM PESANTREN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB IAIN SURAKARTA)
1320411046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Muhammad Zaenuri: Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Untuk Program Pesantren Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Surakarta Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2015. Bahan Ajar memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Karena bahan ajar merupakan komponen yang sangat menentukan tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya bahan ajar khusus yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di Program Pesantren Mahasiswa (PESMA) jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) IAIN Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu bahan ajar bahasa Arab yang dapat digunakan pada program tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reseach & Development/R&D) dengan tahapan yang terdiri dari: potensi dan masalah, mengumpulkan informasi/data, desain produk, validasi desain, revisi desain 1, uji coba produk, revisi desain 2, uji coba pemakaian, revisi produk, produksi massal. Proses validasi dilakukan dua ahli desain dan ahli materi. Subjek penelitian adalah mahasiswa program Pesantren Mahasiswa (PESMA) jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) tahun ajaran 2014/2015. Data diperoleh dari angket untuk ahli desain dan ahli materi serta respon dari para mahasiswa terhadap produk bahan ajar yang dikembangkan pada aspek desain dan aspek materi. Data dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penelian ahli desain pada aspek tampilan menghasilkan skor rata-rata 3,43 dengan kategori “baik” dan aspek penyajian menghasilkan skor rata-rata 3,38 dengan kategori “baik”. Sedangkan penilaian ahli materi untuk aspek pembelajaran menghasilkan skor rata-rata 3,7 dengan kategori “sangat baik” dan aspek isi/materi menghasilkan skor rata-rata 3,4 dengan kategori “baik”. Hasil respon mahasiswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan pada aspek desain rerata 3,47 dengan kategori baik dan aspek materi rerata 3,22 dengan kategori baik. Produk ini mendapatkan respon positif dari mahasiswa dan dianggap layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab. Secara keseluruhan hasil peneltian ini menyimpulkan bahwa produk bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan untuk program Pesma jurusan (PESMA) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) IAIN Suratakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Program Pesantren Mahasiswa, Pendidikan Bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Jun 2016 08:00
Last Modified: 01 Jun 2016 08:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20897

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum