NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM IBADAH HAJI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP DIMENSI KEAGAMAAN JEMAAH HAJI ANGKATAN 2014 KBIH AR-RAHMAH YOGYAKARTA

NAILI FAUZIAH LUTFIANI, SPDI, NIM. 1420410156 (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM IBADAH HAJI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP DIMENSI KEAGAMAAN JEMAAH HAJI ANGKATAN 2014 KBIH AR-RAHMAH YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM IBADAH HAJI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP DIMENSI KEAGAMAAN JEMAAH HAJI ANGKATAN 2014 KBIH AR-RAHMAH YOGYAKARTA)
1420410156_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM IBADAH HAJI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP DIMENSI KEAGAMAAN JEMAAH HAJI ANGKATAN 2014 KBIH AR-RAHMAH YOGYAKARTA)
1420410156_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa idealitas ibadah haji semakin redup seiring dengan berkembangnya asumsi masyarakat tentang anomali-anomali ibadah haji yang melenceng dari nilai-nilai pendidikan Islam. Realita tersebut sangat timpang dengan animo masyarakat yang tinggi untuk menunaikan ibadah haji, maka diperlukan penelitian tentang nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam ibadah haji serta implikasinya terhadap dimensi keagamaan jemaah haji. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang 1) nilainilai pendidikan Islam apa saja yang terkandung dalam ibadah haji 2) implikasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam ibadah haji terhadap dimensi keagamaan jemaah haji angkatan 2014 KBIH Ar-Rahmah Yogyakarta. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research). Pemilihan subyek dilakukan dengan purposif sampling yaitu jemaah haji angkatan 2014 KBIH Ar-Rahmah berinisial. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Proses analisis data dilakukan dengan data reduction, data display, dan conclution drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) dalam seluruh rangkaian ritual ibadah haji mulai dari ihram, tawaf, sa‘i, wuquf di Arafah, mabit di Muzdalifah, mabit di Mina, melontar jumrah, tahallul , tawaf wadha‟, serta amalan-amalan non ibadah haji seperti sholat fardhu, sholat sunah, ziarah kubur ke makam Rasulullah, makam Baqi‟, makam Ma‟la, dan lain sebagainya yang dilakukan oleh jemaah haji angkatan 2014 KBIH Ar-Rahmah mengandung dua nilai dasar pendidikan Islam, yaitu nilai ketauhidan (uluhiyyah, rububiyyah, ubudiyyah) & nilai insaniyyah (akhlak/moral). Nilai ketauhidan uluhiyyah tentang dzat ke-Esaan Allah, ketauhidan rububiyyah mencakup keyakinan akan ciptaan Allah, dan ketauhidan ubudiyyah mencakup tentang ibadah formal. Adapun nilai akhlak terdiri dari nilai persatuan dan kesatuan ummat, nilai persamaan derajat diantara sesama manusia (equality), nilai kerja keras, optimisme, kesabaran, keikhlasan , dan tafakkur. Nilai jihad (jihad terhadap nafsu lawwamah, & jihad melawan setan/kemungkaran), nilai tawakkal (berserah diri), nilai kesucian hati (tazkiyat a-nafs), nilai khawf & raja’ (sikap takut dan penuh harap). 2) Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung di dalam ibadah haji berimplikasi terhadap dimensi keagamaan jemaah haji angkatan 2014 KBIH Ar- Rahmah Yogyakarta, baik pada fase liminal dan post liminal. Implikasi tersebut menyentuh seluruh dimensi keagamaan yang terdiri dari dimensi keyakinan, dimensi peribadatan, dimensi konsekuensial, dimensi pengetahuan keagamaan, dimensi pengalaman, penghayatan keagamaan, serta dimensi kesalehan sosial. Sehingga pada fase liminal & post liminal seluruh jemaah haji telah mengalami level peningkatan rasa agama (mystical convertion), namun setiap jemaah haji memiliki level peningkatan dimensi keagamaan yang berbeda-beda. Ada yang secara keseluruhan dimensi mengalami peningkatan, namun ada juga yang sangat menonjol pada satu dimensi saja, hal ini dikarenakan perbedaan pemahaman & pandangan tentang ibadah haji, serta latar belakang pendidikan & ekonomi yang berbeda, antar tiap-tiap jemaah haji.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam, M A
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Islam, Ibadah Haji, Dimensi Keagamaan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Jun 2016 08:17
Last Modified: 01 Jun 2016 08:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20901

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum