SUKSES BELAJAR DI PERGURUAN TINGGI SOSIALISASI PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI BAGI MAHASISWA BARU UIN SUNAN KALIJAGA

Munthe, Bermawy and Hisyam, Zaini and Adib, Sofia and Roni, Ismail and Irsyadunnas, Irsyadunnas and Eva, Latipah and Eva, Latipah (2015) SUKSES BELAJAR DI PERGURUAN TINGGI SOSIALISASI PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI BAGI MAHASISWA BARU UIN SUNAN KALIJAGA. Center for Teaching Staff Development (CTSD) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta. ISBN 978-979-026-343-7

[img]
Preview
Text (SUKSES BELAJAR DI PERGURUAN TINGGI SOSIALISASI PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI BAGI MAHASISWA BARU UIN SUNAN KALIJAGA)
Buku Sukses di PT.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Assalamu’alaikum wr.wb Alhamdulillah, segala puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT. atas limpahan nikmat dan karunia-Nya sehingga UIN Sunan Kalijaga berhasil menghadirkan revisi buku Sosialisasi Pembelajaran di Perguruan Tinggi yang keempat pada tahun ini. Tahun 2015 adalah tonggak sejarah yang cukup baik untuk kita renungkan karena setelah tahun kemarin 2014 kegiatan ini berumur satu dasawarsa, maka tahun ini merupakan tahun pertama memasuki dasawarsa kedua dari kegiatan Sosialisasi Pembelajaran di Perguruan Tinggi di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam usianya yang telah melewati satu dasawarsa kegiatan Sosialisasi Pembelajaran yang diperuntukkan bagi mahasiswa baru ini telah mengalami berbagai dinamika. Dari segi isi, buku ini telah mengalami beberapa kali revisi untuk mendapatkan materi ideal yang diperlukan oleh mahasiswa baru UIN Sunan Kalijaga. Dari sisi metode, buku ini telah dilakukan beberapa perbaikan metode penyampaian yang diharapkan akan semakin mudah dipahami dan diikuti oleh mahasiswa baru. Jika ditengok ke belakang, pelaksanaan Sosialisasi Pembelajaran bagi Mahasiswa Baru di UIN Sunan Kalijaga ini diawali oleh kegelisahan-kegelisahan beberapa pihak yang melihat ketidaksiapan mahasiswa baru dalam memasuki dunia akademik perguruan tinggi. Banyak mahasiswa, meskipun mereka sudah belajar di perguruan tinggi, masih memperlihatkan sikap akademik yang mereka miliki di sekolah. Hal ini ditandai oleh kemandirian belajar mereka yang dirasakan belum maksimal. Selain itu, budaya tulis yang menjadi ciri dunia perguruan tinggi juga masih memprihatinkan. Oleh sebab itu, dalam rangka menghantarkan mahasiswa baru kepada dunia akademik perguruan tinggi, mereka diberi bekal keterampilan-keterampilan yang diharapkan dapat membantu mereka dalam menjalani hidup di Perguruan Tinggi, baik dari aspek akademik maupun non-akademik. Pada setiap awal tahun perkuliahan UIN Sunan Kalijaga selalu sibuk dengan acara pembekalan mahasiswa baru yang disebut OSPEK (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus). Dari waktu ke waktu dilakukan perbaikan sistem dan tata cara penyelenggaraannya. Yang dulunya hampir seluruhnya ditangani oleh mahasiswa kemudian dikembalikan menjadi tugas yang melekat pada perguruan tinggi untuk menyelenggarakannya dengan tetap melibatkan mahasiswa. Hasil evaluasi terhadap kegiatan tersebut menunjukkan adanya manfaat yang dapat diambil, di samping juga masih terdapat banyak kekurangan, terutama yang terkait dengan pembekalan dan pengenalan tentang strategi belajar efektif di perguruan tinggi. Mahasiswa baru adalah sosok manusia yang mempunyai impian besar tentang masa depan, dan menyerahkan sepenuhnya jalan untuk mencapai impian itu kepada perguruan tinggi yang menaunginya. Oleh karena itu, UIN Sunan Kalijaga merasa bertanggung jawab untuk melengkapi kegiatan pembekalan bagi mahasiswa baru dengan kegiatan semacam workshop tentang jalan menuju sukses belajar di perguruan tinggi. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada awal perkuliahan tahun 2004 dalam kegiatan Sosialisasi Pembelajaran di Perguruan Tinggi yang dikoordinir oleh CTSD (Center for Teaching Staff Development) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan tahun demi tahun (2004, 2005, 2006 dan 2013) maka CTSD diminta universitas untuk menyempurnakan dan mengembangkan rancangan kegiatan untuk tahun 2015. Ada empat pertimbangan lebih lanjut yang harus mendasari rancangan kegiatan tersebut. Pertama, mahasiswa baru adalah sosok manusia yang sedang mengalami masa transisi psikologi, intelektual, dan sosial. Secara psikologi mereka mengalami perubahan dari ciri kejiwaan remaja yang belum sepenuhnya mandiri kepada kejiwaan orang dewasa yang mandiri. Secara intelektual mereka berubah dari model pembelajaran sekolah menengah yang bersifat instruktif yang berpusat pada guru di sekolah/madrasah, atau kiai di pesantren, menjadi model pembelajaran perguruan tinggi yang merepresentasikan pembejalaran selfdirected, yang lebih bertumpu pada kemampuan diri sendiri untuk mengakses dan mengolah sumber informasi belajar, mengevaluasinya secara kritis sebelum menyusunnya kembali dan menjadikannya sebagai panduan dalam kehidupan real yang luas di masyarakat. Secara sosial mereka mengalami perubahan dari kehidupan keluarga yang penuh proteksi dan bimbingan kepada kehidupan sosial yang lebih bebas, terbuka, dan penuh tantangan. Kedua, UIN Sunan Kalijaga telah memberlakukan KBK (kurikulum berbasis kompetensi). Tonggak sejarah yang penting adalah diterbitkannya Kompetensi Program Studi: Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta (2005) oleh Pokja Akademik. Kurikulum ini memberi apresiasi secara seimbang kepada ketiga ranah pembelajaran yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Ketiga, secara keilmuan UIN Sunan Kalijaga sedang memasuki proses perubahan paradigma dan pendekatan dalam pembelajaran atau studi. Dari model pembelajaran yang bersifat parsial (single entitas) ke arah studi keislaman yang lebih integratif-interkonektif (interconnected entities). Keempat, perubahan IAIN menuju UIN diikuti dengan pembangunan fisik baik gedung, fasilitas laboratorium, maupun fasilitas yang lain menuntut adanya perawatan dan pengelolaan oleh berbagai pihak , yang salah satunya adalah mahasiswa sebagai elemen yang sangat penting di UIN Sunan Kalijaga Lebih dari itu, dari beberapa penelitian yang dilakukan oleh internal CTSD (Centre for Teaching Staff Development), didapati bahwa kegiatan Sosialisasi Pembelajaran di Perguruan Tinggi ini memberi manfaat yang banyak kepada mahasiswa. Oleh sebab itu, kegiatan ini perlu dijaga dan dikembangkan agar mahasiswa baru mendapatkan manfaat yang lebih. Terakhir, kepada tim penulis dari CTSD (Centre for Teaching Staff Development), kami ucapkan banyak terima kasih. Semoga ini menjadi amal kebaikan yang akan terus dimanfaatkan oleh banyak pihak. Jazakumullah khair al-jazaa. Wassalamu’alaikum wr.wb

Item Type: Book
Subjects: Buku
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 13 Jun 2016 07:01
Last Modified: 31 Oct 2016 03:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20916

Actions (login required)

View Item View Item