PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PASCA ERUPSI MERAPI (STUDI PADA PROGRAM PENDAMPINGAN MDMC DI DUSUN JAMBLANGAN, DESA PURWOBINANGUN, KECAMATAN. PAKEM, KABUPATEN. SLEMAN)

INDAH RACHMAWATI ERKASI, NIM. 10250046 (2016) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PASCA ERUPSI MERAPI (STUDI PADA PROGRAM PENDAMPINGAN MDMC DI DUSUN JAMBLANGAN, DESA PURWOBINANGUN, KECAMATAN. PAKEM, KABUPATEN. SLEMAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PASCA ERUPSI MERAPI (STUDI PADA PROGRAM PENDAMPINGAN MDMC DI DUSUN JAMBLANGAN, DESA PURWOBINANGUN, KECAMATAN. PAKEM, KABUPATEN. SLEMAN))
10250046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PASCA ERUPSI MERAPI (STUDI PADA PROGRAM PENDAMPINGAN MDMC DI DUSUN JAMBLANGAN, DESA PURWOBINANGUN, KECAMATAN. PAKEM, KABUPATEN. SLEMAN))
10250046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Pemberdayaan masyarakat adalah proses pembangunan dimana masyarakat berinisiatif untuk memulai proses kegiatan sosial untuk memperbaiki situasi dan kondisi diri sendiri. Dimana untuk dapat meningkatkan martabat dan mengembalikan keberfungsian sosialnya. Pemberdayaan masyarakat juga selalu digunakan pada saat proses rehabilitasi setelah terjadinya bencana. Seperti yang terjadi pada tahun 2010 silam, bencana erupsi merapi yang melanda Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Dampak yang ditimbulkan mengakibatkan banyaknya infrastruktur rusak, korban jiwa yang berjatuhan dan melemahnya tingkat perekonomian. Skripsi ini berfokus pada program pendampingan MDMC terhadap Dusun Jamblangan dalam pemberdayaan pasca erupsi merapi. MDMC melakukan pemberdayaan dengan memperbaiki sistem perekonomian. Dan skripsi ini juga membahas tentang faktor pendorong dan penghambat dalam perkembangan kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, dan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Penentuan subyek menggunakan Purposive Sampling dan Snowball Sampling, sehingga didapat sumber informan yaitu 2 Pengurus MDMC, 2 Relawan Pasca Erupsi Merapi, dan 5 masyarakat Dusun Jamblangan. Hasil dari penelitian ini adalah proses pemberdayan yang bertujuan untuk pemulihan perekonomian masyarakat Dusun Jamblangan dengan cara pembentukan kelompok usaha dan memberikan pelatihan keterampilan hingga pelatihan pemasaran. Sehingga masyarakat dapat langsung mengetahui cara penjualan dengan baik. Pada pemberdayaan ini berhasil membentuk empat kelompok yaitu 1. Kelompok pertanian 2. Kolompok peternakan 3. Kelompok wanita tani 4. Kelompok perikanan. Sedangkan setelah lima tahun berjalan pekembangan kelompok mendapatkan pasang surut dalam perjalanannya. Hal ini dapat dilihat dari faktor pendorong dan penghambat pada kelompok tersebut. Pendorong berkembangnya kelompok adalah anggota kelompok sangat tergantung pada sesama anggota dan kelompok tersebut, dan faktor penghambatnya adalah berkurangnya semangat anggota kelompok dalam menjalankan kelompoknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Lathiful Khuluq, MA, BSW, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan Masyarakat, Pasca Erupsi Merapi, MDMC, dan Dusun Jamblangan.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Jul 2016 01:57
Last Modified: 25 Jul 2016 01:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20970

Actions (login required)

View Item View Item