POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS BERGABUNG DI PUSAT LAYANAN DIFABEL UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

FARID ANWAR FATHUR ROSYIDI, NIM. 10250054 (2016) POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS BERGABUNG DI PUSAT LAYANAN DIFABEL UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS BERGABUNG DI PUSAT LAYANAN DIFABEL UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
10250054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS BERGABUNG DI PUSAT LAYANAN DIFABEL UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
10250054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh seperti apa yang diterapkan oleh orang tua kepada anaknya yang mengalami berkebutuhan khusus tunanetra. Masalah apa sajakah yang dihadapi oleh orang tua, usaha apa saja yang dilakukan orang tua guna mengoptimalkan kemampuan anak, serta faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat dalam proses penngasuhan pada anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, metode deskriptif, sampel peneliti 4 orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus tunanetra sejak lahir. Tehnik purposive sampling. Mengumpulkan data dengan cara observasi dan wawancara mendalam (terbuka). Adapun hasil ini mnunjukkan bahwa keempat informan dengan riwayat anak yang sama (tunanetra), mengasuh anak mereka dengan cara yang berbeda. Mengasuh anak berkebutuhan khusus tunanetra tidak bisa dengan aturan yang ketat, akan tetapi disesuaikan dengan kemampuan dan kapasitas anak. Dalam proses pengasuhan, keempat informan melewati beberapa proses yaitu: pertma, setelah anak di diagnosis mengalami berkebutuhan khusus tnanetra oleh dokter maka kempat informan berusaha mencari pengobatan medis sampai pengobatan alternatif. Kedua, kempat informan mendapat dukungan dari keluarga, tetangga, serta masyarakt. Adapun faktor penghambat yang dialami oleh keempat informan yaitu dari lingkungan sosial, cara mengasuh anak berkebutuhan khusus tunanetra,merasa kerepotan, lebih banyak waktu untuk pendampingan, dan juga berdampak faktor ekonomi. Pola asuh asuh yang diterapkan informan pertama, kedua, keempat autoritatif/demokratis, sedangkan informan ketiga permisif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Suisyanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pola asuh, anak berkebuthan khusus, Tunanetra
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Jul 2016 02:15
Last Modified: 25 Jul 2016 02:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20971

Actions (login required)

View Item View Item