PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. PUPUK SRIWIDJAJA BAGI MASYARAKAT KECAMATAN KALIDONI PALEMBANG SUMATERA SELATAN

MUHAMMAD DWI PRABOWO PUTRA, NIM. 11250005 (2016) PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. PUPUK SRIWIDJAJA BAGI MASYARAKAT KECAMATAN KALIDONI PALEMBANG SUMATERA SELATAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. PUPUK SRIWIDJAJA BAGI MASYARAKAT KECAMATAN KALIDONI PALEMBANG SUMATERA SELATAN)
11250005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. PUPUK SRIWIDJAJA BAGI MASYARAKAT KECAMATAN KALIDONI PALEMBANG SUMATERA SELATAN)
11250005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (826kB)

Abstract

Permasalahan sosial yang timbul di Kecamatan Kalidoni akibat adanya aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan PT. Pusri Palembang yakni pencemaran lingkungan air dan udara serta kesenjangan sosial antara masyarakat dan pihak perusahaan PT. Pusri Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program CSR (Corporate Social Responsibility) PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang dalam menangani masalah sosial yang timbul di Kecamatan Kalidoni dan untuk mengetahui kendala dan hambatan dari program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu Peneliti mengumpulkan data dengan metode observasi wawancara dan dokumentasi. Data observasi diperoleh dengan mengamati apa yang terjadi serta mengamati sarana dan prasarana untuk menunjang jalannya program CSR (Corporate Social Responsibility) bagi masyarakat khususnya di Kecamatan Kalidoni yang dilaksanakan oleh Departemen Humas bagian Bina Lingkungan PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang. setelah dilaksanakan intervensi Peneliti memperoleh data wawanacara dari informan seperti supervisor departemen Humas, staff Protokol dan staf bina lingkungan. Setelah data terkumpul kemudian disusun, dijelaskan dan selanjutnya dianalisa. Untuk menganalisa data dipergunakan cara berpikir induktif yaitu berpikir berangkat dari data-data khusus, peritiwa yang khusus ditarik kesimpulan yang bersifat umum. Dalam penelitian ini, deskriptif analisisnya hanya sampai taraf deskripsi yaitu menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematik sehingga dapat lebih mudah untuk dipahami dan disimpulkan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh secara deskriptif dan analisa kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) 1. Program-program CSR PT. Pusri Palembang dalam upaya penanganan masalah sosial yang timbul di Kecamatan Kalidoni seperti pencemaran lingkungan air dan udara, serta kesenjangan sosial antara pihak perusahaan dan masyarakat hanya terletak pada program kesehatan dan pelestarian alam. (2) Hambatan dalam pelaksanaan CSR PT. Pusri Palembang, hambatan dalam pelaksanaan program-program yang dilakukan oleh CSR PT. Pusri Palembang antara lain adalah kurangnya kesadaran masyarakat, dan kurangnya partisipasi masyarakat untuk terlibat dan berperan aktif dalam mensukseskan program-program yang dilakukan oleh CSR PT. Pusri Palembang. Sedangkan hambatan yang dirasakan oleh masyrakat adalah minimnya sosialisasi dan informasi dari pihak perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Muh.Izzul Haq M.Sc
Uncontrolled Keywords: Program CSR, Masalah Sosial
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Jul 2016 02:51
Last Modified: 25 Jul 2016 02:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20973

Actions (login required)

View Item View Item