SEKOLAH GAJAH WONG: USAHA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK MELALUI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI LEDHOK TIMOHO, BALEREJO, MUJA MUJU, UMBULHARJO, YOGYAKARTA

DIAN WIDYASTUTI, NIM. 11250010 (2016) SEKOLAH GAJAH WONG: USAHA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK MELALUI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI LEDHOK TIMOHO, BALEREJO, MUJA MUJU, UMBULHARJO, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SEKOLAH GAJAH WONG: USAHA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK MELALUI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI LEDHOK TIMOHO, BALEREJO, MUJA MUJU, UMBULHARJO, YOGYAKARTA)
11250010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (SEKOLAH GAJAH WONG: USAHA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK MELALUI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI LEDHOK TIMOHO, BALEREJO, MUJA MUJU, UMBULHARJO, YOGYAKARTA)
11250010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya anak-anak jalanan yang tidak mendapatkan kesejahteraan dalam bentuk pendidikan. Banyak anak yang tertinggal pendidikannya karena faktor biaya dan orang tua yang memaksa anak untuk bekerja di jalanan agar menambah pendapatan sehingga anak tidak mendapatkan kebutuhan pendidikannya. Hal ini merupakan permasalahan yang sangat serius sehingga membutuhkan bantuan penyelesaian. Karena itu dengan adanya Sekolah Gajah Wong di Ledhok Timoho dapat membantu anak-anak untuk mendapatkan hak nya dalam bentuk pendidikan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Usaha Sekolah Gajah Wong dalam meningkatkan Kesejahteraan Anak melalui Pendidikan Anak Usia Dini di Ledhok Timoho. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini yaitu kepala sekolah, edukator, dan orang tua murid. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data yang di gunakan adalah model interaktif. Setelah semua data terkumpul, kemudian diolah, dianalisis dan ditarik kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan: Pertama, usaha Sekolah Gajah wong dalam meningkatkan Kesejahteraan Sosial Anak melalui Pendidikan Anak Usia Dini di Ledhok Timoho di mulai dengan mendirikan TPA, lalu menjadi Sekolah Gajah Wong dengan dua kelas, kelas akar dan kelas rumput, dengan memakai program berbasis alam yaitu tema trip, area, circle, proyek dan parenting sekolah untuk orang tua murid. Serta dengan adanya usaha peternakan kambing, sahabat anak, pengelolaan donasi sampah, pengembangan pelayanan anak, gajah wong T-Shrit, dan adanya donasi dari kick andy metro TV. Kedua, adanya hambatan dari sekolah gajah wong yaitu kurangnya edukator dan fasilitas yang kurang memadai. Serta sulitnya mencari sumber dana dari pihak pemerintah karena tanah yang ilegal dan tidak bersertifikat. Ketiga, adanya hasil dari perkembangan anak melalui perkembangan fisik, sosial, bahasa, dan kognitif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Asep Jahidin, S.Ag, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Sekolah Gajah Wong, Kesejahteraan Sosial Anak, Pendidikan Anak Usia Dini.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Jul 2016 03:48
Last Modified: 25 Jul 2016 03:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20974

Actions (login required)

View Item View Item