KENAKALAN PADA ANAK BERHADAPAN DENGAN HUKUM (ANALISIS TEORI DIFFERENTIAL ASSOCIATION DAN TEORI KONTROL SOSIAL) DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL REMAJA YOGYAKARTA

FANI SYAHRIAL ROMDHONI, NIM. 11250014 (2016) KENAKALAN PADA ANAK BERHADAPAN DENGAN HUKUM (ANALISIS TEORI DIFFERENTIAL ASSOCIATION DAN TEORI KONTROL SOSIAL) DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL REMAJA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KENAKALAN PADA ANAK BERHADAPAN DENGAN HUKUM (ANALISIS TEORI DIFFERENTIAL ASSOCIATION DAN TEORI KONTROL SOSIAL) DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL REMAJA YOGYAKARTA)
11250014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KENAKALAN PADA ANAK BERHADAPAN DENGAN HUKUM (ANALISIS TEORI DIFFERENTIAL ASSOCIATION DAN TEORI KONTROL SOSIAL) DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL REMAJA YOGYAKARTA)
11250014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Kenakalan Pada Anak Berhadapan Dengan Hukum (Analisis Teori Differential Association dan Teori Kontrol Sosial) Di Balai Perlindungan Dan Rehabilitasi Sosial Remaja Daerah Istimewa Yogyakarta Skripsi: Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2016. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai April 2016 dengan tujuan untuk membahas Faktor Dan Dampak Kenakalan Anak (Studi Kasus Anak Berhadapan Dengan Hukum di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Remaja Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karena angka kasus kenakalan anak setiap tahun selalu menunjukan peningkatan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dekriptif kualitatif. Obyek penelitian adalah Faktor Penyebab dan Dampak Kenakalan Anak. Subjek penelitiannya adalah tiga anak berhadapan dengan hukum, Guru Bimbingan Konseling, tetangga ABH, teman ABH dan Psikolog yang menangani anak berhadapan dengan hukum di Balai Perlindungan Dan Rehabilitasi Sosial Remaja Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan sumber data. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab kenakalan anak pada anak berhadapan dengan hukum di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Remaja Yogyakarta dikarenakan dua faktor yaitu, faktor pembelajaran dan faktor pengaruh lingkungan. Faktor pembelajaran meliputi interaksi dengan orang lain melalui proses komunikasi, hubungan intim dalam suatu komunitas atau kelompok, motivasi dan dorongan untuk melakukan kejahatan. Sedangkan faktor pengaruh lingkungan sosial/kontrol sosial disebabkan lemahnya kontrol sosial dimasyarakat yang menyebabkan anak terjebak dalam kenakalan anak sampai berhadapan dengan hukum. Sedangkan dampak kenakalan anak, pada anak berhadapan dengan hukum di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Remaja Yogyakarta ada beberapa dampak, antara lain dijauhi oleh keluarga, masyarakat dan juga dikeluarkan dari sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Noorkamilah, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kenakalan Anak, Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial remaja Yogyakarta.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:05
Last Modified: 25 Jul 2016 07:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20975

Actions (login required)

View Item View Item