EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM KLASIFIKASI BAGI REHABILITASI PSIKOSOSIAL EKS PSIKOTIK DI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA

M IZZUL IMAM SYAUQI, NIM. 11250058 (2016) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM KLASIFIKASI BAGI REHABILITASI PSIKOSOSIAL EKS PSIKOTIK DI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM KLASIFIKASI BAGI REHABILITASI PSIKOSOSIAL EKS PSIKOTIK DI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA)
11250058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM KLASIFIKASI BAGI REHABILITASI PSIKOSOSIAL EKS PSIKOTIK DI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA)
11250058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Dalam penelitian ini penulis fokus tentang bagaimana efektivitas pelaksanaan program klasifikasi bagi yang dilakukan oleh pekerja sosial dalam rehabilitasi psikososial eks psikotik dan penghambat dalam pelaksanaan program klasifikasi di Balai RSBKL. Topik ini dipilih karena program klasifikasi sebagai bentuk solusi dalam menyelesaikan permasalahan dalam pelayanan rehabilitasi psikososial dan tidak adanya penilaian efektivitas pelayanan rehabilitasi psikososial bagi eks psikotik. Metodepenelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu sebuah metode alamiah yang memandang segala sesuatunya secara utuh, metode kualitatif ini juga merupakan sebuah metode yang dilakukan dengan pengumpulan data secara gabungan dan lebih menekankan makna untuk membentuk suatu gagasan. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menentukan informan atau sumber data menggunakan teknik purposive sampling yaituteknik pengambilan sempel yang merupakan sumber data dengan pertimbangan tertentu. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan informan berkembang sesuai dengan kebutuhan. Hasil penelitian terhadap efektivitas pelaksanaan program klasifikasi bagi rehabilitasi psikososial eks psikotik di Balai Rehabilitasi psikososial esk psikotik di Balai RSBKL Yogyakarta adalah pelaksanaanprogram klasifikasi efektif, ditunjukan dengan tercapainya semua ukuran seperti telah tercapainya tujuan program klasifikasi, keberhasilan sasaran program klasifikasi, keberhasilan program klasifikasi dengan indikator keberhasilan ditunjukan adanya perubahan kemandirian eks psikotik yang lebih baik, dan kepuasan terhadap program klasifikasi. Sedangkan faktor penghambat yang ditemui dalam proses pelaksanaan program klasifikasi adalah rendahnya sumber daya manusia, terbatasnya fasilitas dan pendanaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Siti Solechah, S. Sos. I., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Program Klasifikasi, Eks psikotik
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:32
Last Modified: 25 Jul 2016 07:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20977

Actions (login required)

View Item View Item