KEBERFUNGSIAN SOSIAL MASYARAKAT DESA SUKOREJO TERKAIT KEBERADAAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP (PLTU) 1 PACITAN JAWA TIMUR

FADLILAH PURDANANTO, NIM. 11250072 (2016) KEBERFUNGSIAN SOSIAL MASYARAKAT DESA SUKOREJO TERKAIT KEBERADAAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP (PLTU) 1 PACITAN JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEBERFUNGSIAN SOSIAL MASYARAKAT DESA SUKOREJO TERKAIT KEBERADAAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP (PLTU) 1 PACITAN JAWA TIMUR)
11250072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KEBERFUNGSIAN SOSIAL MASYARAKAT DESA SUKOREJO TERKAIT KEBERADAAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP (PLTU) 1 PACITAN JAWA TIMUR)
11250072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai November 2015 dengan tujuan untuk menggambarkan keberfungsian sosial masyarakat desa Sukorejo terkait keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 1 Pacitan, Jawa Timur. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembangunan Indonesia dalam upaya mewujudkan kesejahteraan dan keberfungsian sosial masyarakat serta kebijakan pembangunan berusaha merata sehingga untuk daerah pedesan mengalami kelemahan beradaptasi dengan pembangunan tersebut. Rumusan pemasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana keberfungsian sosial masyarakat terkait keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dekriptif kualitatif. Obyek penelitian adalah keberfungsian sosial masyarakat desa Sukorejo pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) 1 Pacitan, Jawa Timur. Sementara, Subjek penelitiannya adalah perangkat Desa Sukorejo, tokoh masyarakat dan lima orang warga yang rumahnya terdampak langsung dari aktivitas Pembangkit Listrik Tenaga Uap. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan sumber data. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberfungsian sosial masyarakat terkait keberadaan PLTU, di lihat dari: 1) Aspek kemampuan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dasarnya: pemenuhan kebutuhan dasar ekonomi, pendidikan, kesehatan, 2) Aspek kemampuan masyarakat dalam peranan sosial: setiap anggota masyarakat berinteraksi satu sama lain berdasarkan hubungan pribadi adanya kelompok juga kelompok primer, komunitas memiliki otonomi yaitu kewenagan dan kemampuan untuk mengurus kepentingan sendiri secara bertanggung jawab, distribusi kekuasaan merata, sehingga setiap orang berkesempatan riil, bebas memiliki dan menyatakan kehendaknya, kesempatan setiap anggota masyarakat untuk berprestasi aktif untuk kepentingan bersama, komunitas memberikan makna kepada anggota, adanya heterogenitas dan beda pendapat, dan Pelayanan masyarakat ditempatkan sedekat dan secepat mungkin kepada yang berkepentingan. 3) Apek kemampuan dalam menghadapi goncangan: memiliki vialibilitas kemampuan memecahkan masalah sendiri dan adanya konflik serta managing conflict. Cara atau kemampuan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan, menjalankan peranan sosial dan mengatasi goncangan serta tekanan secara lambat laun mampu mempertahankani tingkat keberfungsian sosial dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Asep Jahidin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Keberfungsian Sosial, Masyarakat, Keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Jul 2016 08:12
Last Modified: 25 Jul 2016 08:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20978

Actions (login required)

View Item View Item