INTERVENSI PEKERJA SOSIAL MEDIS TERHADAP KASUS DOWN SYNDROME DI INSTALASI REHABILITASI MEDIK RSUP DR SARDJITO YOGYAKARTA

ANDRI GALIH WIRYADI LAKSA, NIM. 12250022 (2016) INTERVENSI PEKERJA SOSIAL MEDIS TERHADAP KASUS DOWN SYNDROME DI INSTALASI REHABILITASI MEDIK RSUP DR SARDJITO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERVENSI PEKERJA SOSIAL MEDIS TERHADAP KASUS DOWN SYNDROME DI INSTALASI REHABILITASI MEDIK RSUP DR SARDJITO YOGYAKARTA)
12250022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (INTERVENSI PEKERJA SOSIAL MEDIS TERHADAP KASUS DOWN SYNDROME DI INSTALASI REHABILITASI MEDIK RSUP DR SARDJITO YOGYAKARTA)
12250022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Intervensi Pekerja Sosial Medis Terhadapa Kasus Down Syndrome Di Instalasi Rehabilitasi Medik RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta”. Dalam penelitian ini penulis meneliti tentang bagaimana intervensi yang dilakukan oleh pekerja sosial medis RSUP Dr. Sardjito dalam menangani kasus pasien down syndrome kususnya pasien anak-anak yang berada dalam masa terapi di Instalasi Rehabilitasi Medic RSUP Dr. Sardjito. Penelitian ini dilakukan menggingat masalah sosial semakin meningkat dan komplek termasuk di bidang sosial medis. Dalam kasus down syndrome sering kali banyak masalah sosial baik dari segi ekonomi sampai dari segi lingkungan sosial bahkan sampai dengan keluarga yang kurang bisa menerima keadaan pasien down syndrome. Penelitian ini didasari dengan teori yang dimana teori ini sangat berkaitan dengan bidang pekerja sosial, teori yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga macam yang dijadikan sebagai dasar dalam penelitian ini yaitu teori belajar sosial (Social Learning Theory), teori motivasi dan teori perkembangan kognitif menurut Piaget. Dengan metode penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan keadaan sasaran penelitian secara apa adanya serta menganalisa dan menginterprestasikan terhadap data yang telah dikumpulkan. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kategori pasien down syndrome yang ditangani oleh pekerja sosial medis RSUP Dr Sardjito biasanya pasien yang memerlukan dukungan sosil dari orang lain karena keluarga kurang bisa menerima keadaan mereka selain itu juga karena lingkungan sosial mereka yang tidak bisa menerima keadaan mereka berada dilingkungannya. Semua berawal dari presepsi atau sudut pandang orang terhadap down syndrome sudah sebelah mata, mereka beranggapan bahwa pasien down syndrome itu banyak kekurangannya dan tidak bisa berinteraksi dengan lingkungan sekitar layaknya orang-orang pada umumnya. Dalam menangani ini pekerja sosial medis biasanya mendapatkan rujukan dari dokter rehab medik untuk mendampingi pasien dari segi sosial dan mental mereka dan pendekatan kepada orang tua. Hasil penelitian intervensi pekerja sosial medis terhadap kasus down syndrome di Instalasi Rehabilitasi Medik RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta bahwa pekerja sosial medis sebelum melakukan intervensinya, mereka melakukan rencana intervensi yang berdasarkan dari studi kasus atau medical record pasien, wawancara dengan klien dan evaluasi lingkungan sosial di tempat tinggal pasien. Hasil assessment akan digunakan untuk merancang intervensi sebagai alternatif pemecahan masalah. Intervensi pekerja sosial medis terhadap kasus down syndrome diantaranya yaitu: motivasi baik secara individu dan keluarga, terapi bermain kepada pasien down syndrome, terapi kelompok yang diterapkan untuk wadah bagi orangtua pasien mencari informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Zainudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Intervensi Pekerja Sosial Medis, Kasus Down Syndrome, Instalasi Rehabilitasi Medik RSUP Dr. Sardjito
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 26 Jul 2016 09:42
Last Modified: 26 Jul 2016 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20983

Actions (login required)

View Item View Item