METODE PANTI ASUHAN YATIM PUTRA MUHAMMADIYAH LOWANU YOGYAKARTA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK

FARIS ARDIANTO, NIM. 12250025 (2016) METODE PANTI ASUHAN YATIM PUTRA MUHAMMADIYAH LOWANU YOGYAKARTA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PANTI ASUHAN YATIM PUTRA MUHAMMADIYAH LOWANU YOGYAKARTA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK)
12250025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (METODE PANTI ASUHAN YATIM PUTRA MUHAMMADIYAH LOWANU YOGYAKARTA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK)
12250025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (883kB)

Abstract

Panti Asuhan merupakan suatu lembaga sosial yang berperan membina dan mendidik anak yatim, piatu atau yatim piatu. Relevan dengan hal tersebut, Panti Asuhan Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah Lowanu Yogyakarta pun didirikan oleh organisasi Muhammadiyah guna membina dan mendidik anak yatim, piatu atau yatim piatu dari berbagai daerah di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) metode panti dalam pembentukan karakter anak, (2) kendala yang dalam pembentukan karakter anak, (3) dan cara mengatasi kendala-kendala yang dihadapi Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah dalam pembentukan karakter anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif, yang bersifat deskriptif. Objek penelitian pada karya ilmiah ini adalah Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah Lowanu Yogyakarta. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan yang digunakan dalam penelitian ini ada 6 orang, yang terdiri dari 1 pengurus, 2 pengasuh dan 3 anak pengasuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) metode yang dilakukan Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah Lowanu Yogyakarta dalam membentuk karakter anak meliputi, (a) mengembangkan pembiasaan yang positif, seperti bangun tidur sebelum waktu shalat shubuh, shalat lima waktu secara berjamaah dan mengucapkan salah sebelum masuk ruangan; (b) memberikan keteladanan dalam bersikap; (c) memberikan motivasi dalam melakukan kegiatan yang positif; (d) menerapkan metode pengulangan; (e) dan memberikan pelatihan kreativitas. (2) kendala-kendala yang dihadapi Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah Lowanu Yogyakarta dalam pembentukan karakter anak adalah dari, (a) faktor internal anak, seperti kurangnya motivasi untuk belajar dan persoalan pribadi. (b) faktor eksternal anak, seperti pengaruh perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), pengaruh teman sebaya, dan pengasuh yang kurang berpengalaman dalam mendidik anak. (3) Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah menyikapi kendala-kendala tersebut dengan memberikan beragam aktivitas bagi anak agar mereka senang berbaur dengan anak-anak panti asuhan, memonitoring aktivitas anak melalui kegiatan presensi anak, meminta anak untuk ijin jika akan beraktivitas di luar panti asuhan. menerapkan jam malam yang ketat, serta menerapkan punisment (hukuman) seperti mengepel dan membersihkan lingkungan Panti Asuhan, serta menyetorkan hafalan Al-Qur’an surat-surat pendek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Zainudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah Lowanu Yogyakarta
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 26 Jul 2016 03:02
Last Modified: 26 Jul 2016 03:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20988

Actions (login required)

View Item View Item