INTERVENSI MIKRO PEKERJA SOSIAL TERHADAP ANAK BERHADAPAN HUKUM DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL REMAJA (BPRSR) YOGYAKARTA

NOVIANA, NIM. 12250039 (2016) INTERVENSI MIKRO PEKERJA SOSIAL TERHADAP ANAK BERHADAPAN HUKUM DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL REMAJA (BPRSR) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERVENSI MIKRO PEKERJA SOSIAL TERHADAP ANAK BERHADAPAN HUKUM DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL REMAJA (BPRSR) YOGYAKARTA)
12250039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (INTERVENSI MIKRO PEKERJA SOSIAL TERHADAP ANAK BERHADAPAN HUKUM DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL REMAJA (BPRSR) YOGYAKARTA)
12250039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Intervensi Mikro Pekerja Sosial Terhadap Anak Berhadapan Hukum Di Balai Perlindungan Dan Rehabilitasi Sosial Remaja (BPRSR) Yogyakarta. Berdasarkan Undang-Undang No. 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, BPRSR Yogyakarta ditunjuk sebagai salah satu LPKA penyelenggara rehabilitasi sosial. Bentuk rehabilitasi sosial tersebut salah satunya adalah intervensi mikro, menurut pengamatan peneliti belum ada penelitian tentang intervensi mikro di BPRSR Yogyakarta. Peneliti mengkaji bagaimana Pekerja Sosial melakukan serangkaian tahapan intervensi dan bentuk intervensi yang digunakan di BPRSR Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan bersifat kualitatif deskripsif. Metode dilakukan dengan observasi yaitu mengamati program-progam pelayanan, kegiatan penunjang kebutuhan anak dan kondisi anak. Wawancara terhadap subyek penelitian berjumlah 13 informan yaitu Pekerja Sosial, Psikolog, Sie Rehabilitasi, Kepala Lembaga, pihak Aparat Penegak Hukum, anggota masyarakat dan anak yang berhadapan dengan hukum. Sedangkan dokumentasi yaitu mengumpulkan tentang data-data anak, kegiatan yang dilakukan anak dan dokumen arsip profil BPRSR Yogyakarta. Analisis data yang dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menggambarkan tahap-tahap proses pelaksanaan intervensi mikro terbagi menjadi lima tahap yaitu engagement yang melalui rujukan dari titipan Aparat Penegak Hukum, penetapan hasil diversi, putusan sidang peradilan, putusan sidang peradilan pengganti denda dan lingkungan masyarakat. Tahap selanjutnya yaitu asessment, kemudian planning, intervensi, evaluasi dan terminasi. Bentuk-bentuk pelaksanaan intervensi mikro yang dilakukan BPRSR Yogyakarta yaitu konseling individu, intervensi spiritual, pendampingan sosial dan psikoterapi yang melalui hypnoterapi dan terapi perilaku. Serta hambatan dalam proses pelaknsaan intervensi yaitu berasal dari sumber daya manusia, sarana prasaranan dan kondisi anak berhadapan dengan hukum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Noorkamilah, S.Ag, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Intervensi Mikro, Pekerja Sosial, Anak Berhadapan dengan Hukum
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 26 Jul 2016 04:06
Last Modified: 26 Jul 2016 04:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20991

Actions (login required)

View Item View Item