INTERVENSI MIKRO PEKERJA SOSIAL TERHADAP WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN PADA MASA REINTEGRASI (STUDI KASUS DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A YOGYAKARTA)

ENY BADRIYATUL ALAMMIYAH, NIM. 12250053 (2016) INTERVENSI MIKRO PEKERJA SOSIAL TERHADAP WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN PADA MASA REINTEGRASI (STUDI KASUS DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERVENSI MIKRO PEKERJA SOSIAL TERHADAP WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN PADA MASA REINTEGRASI (STUDI KASUS DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A YOGYAKARTA))
12250053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (INTERVENSI MIKRO PEKERJA SOSIAL TERHADAP WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN PADA MASA REINTEGRASI (STUDI KASUS DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A YOGYAKARTA))
12250053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penghapusan sistem penjara menjadi sistem pemasyarakatan bagi para pelanggar pidana hendaknya dibarengi dengan perubahan mantan narapidana. Jika sistem penjara menerapkan efek jera dan sistem pemasyarakatan menerapkan bimbingan intelektual, spiritual dan jasmani maka para narapidana akan lebih siap menghadapi lingkungannya setelah bebas. Dengan demikian tugas seorang pekerja sosial koreksional adalah mengembalikan fungsi sosial narapidana setelah dia bebas dengan melakukan bimbingan dari awal diterima hingga menjelang kebebasan. Untuk mengetahui bagaimana kondisi narapidana yang selanjutnya disebut WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) serta ingin mengetahui intervensi mikro apa yang diberikan terhadap WBP menjalang bebas maka penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kondisi WBP menjelang bebas serta metode casewore pekerja sosial koreksional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan alat wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan terhadap pekerja sosial koreksional yang mempunyai latar belakang pekerja sosial dan juga anak didiknya dalam masa reintegrasi atau menjelang bebas. Tiga dari WBP yang menjadi responden satu diantaranya mengalami kegelisahan ringan dan dua diantaranya tidak mengalami kegelisahan. Penyebab kegelisahan ini adalah faktor pribadi yang diakibatkan oleh orang lain serta pengaruh kondisi keluarga. Adapun intervensi mikro pada masa reintegrasi adalah konseling individu dan konseling keluarga atau terapi keluarga. Konseling individu menerapkan pendekatan humanistik dan pendekatan spiritual, sedangkan terapi keluarga menerapkan konstruktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Abidah Muflihati, S.Th.I, M.Si
Uncontrolled Keywords: intervensi mikro pekerja sosial, warga binaan pemasyarakatan, masa reintegrasi, lembaga pemasyarakatan
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 26 Jul 2016 04:30
Last Modified: 26 Jul 2016 04:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20992

Actions (login required)

View Item View Item