BIMBINGAN KETERAMPILAN TERHADAP GELANDANGAN DAN PENGEMIS DI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA (STUDI ANALISA DESIGN PELATIHAN)

UMI MARDIYAH, NIM. 12250057 (2016) BIMBINGAN KETERAMPILAN TERHADAP GELANDANGAN DAN PENGEMIS DI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA (STUDI ANALISA DESIGN PELATIHAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KETERAMPILAN TERHADAP GELANDANGAN DAN PENGEMIS DI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA (STUDI ANALISA DESIGN PELATIHAN))
12250057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KETERAMPILAN TERHADAP GELANDANGAN DAN PENGEMIS DI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA (STUDI ANALISA DESIGN PELATIHAN))
12250057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Gelandangan dan pengemis merupakan suatu permasalahan sosial yang cukup sulit untuk ditangani baik oleh pemerintah pusat, daerah dan masyarakat. Munculnya gelandangan, pengemis dan pemulung yang memasuki kota besar seperti Yogyakarta dikarenakan kota ini memiliki daya tarik tersendiri dalam mencari penghidupan untuk mengadu nasib. Namun bagi mereka yang merantau tidak dilengkapi dengan pendidikan dan skill yang memadai dapat membuat mereka tidak mendapatkan pekerjaan yang sesuai dan pada akhirnya hidup menggelandang. Pemerintah kota Yogyakarta telah melakukan beberapa upaya untuk mengatasi gelandangan dan pengemis, salah satunya dengan melakukan razia Satpol PP dan bekerja sama dengan camp assesment serta panti sosial dibawah Dinas Sosial Yogyakarta. Panti Sosial yang memberikan pelayanan rehabilitasi kepada gelandangan dan pengemis adalah Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya dan Laras Yogyakarta. Dalam menunjang kegiatan rehababilitasi, maka pihak balai memberikan bimbingan keterampilan untuk klien gelandangan dan pengemis sebagai salah satu cara untuk memberikan skill keterampilan agar mereka dapat bekerja dan mendapatkan uang dengan cara yang layak tanpa kembali lagi ke jalan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan lokasi penelitian di Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya dan Laras Yogyakarta. Untuk objek penelitian ini yakni bimbingan keterampilan terhadap gelandangan dan pengemis di balai RSBKL Yogyakarta serta subjek penelitian klien gepeng, Pekerja Sosial, Instruktur keterampilan, dan pegawai bagian rehabilitasi dan perlindungan sosial. Pengumpulan data yang di lakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk melihat bagaimana proses bimbingan keterampilan ini menggunakan standar design pelatihan yang efektif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa bimbingan keterampilan yang dilaksanakan oleh balai RSBKL Yogyakarta tidak sesuai dengan standar design pelatihan yang baik. Hal ini dikarenakan pelaksanaan bimbingan keterampilan di balai tidak memiliki silabus, tidak ada evaluasi kemampuan atau skill, tidak ada asesmen vokasional yang mengarahkan pada minat dan bakat, tempat praktik magang yang hanya berlangsung di dua perusahaan, serta waktu yang relatif singkat dalam setiap pelaksanaan bimbingan keterampilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Suisyanto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keterampilan, Gelandangan dan Pengemis
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 26 Jul 2016 06:57
Last Modified: 26 Jul 2016 06:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20994

Actions (login required)

View Item View Item