PEMENUHAN FUNGSI KELUARGA BAGI ANAK BROKEN HOME OLEH BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL REMAJA (BPRSR) BERAN TRIDADI SLEMAN YOGYAKARTA

SUKINAH, NIM. 12250070 (2016) PEMENUHAN FUNGSI KELUARGA BAGI ANAK BROKEN HOME OLEH BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL REMAJA (BPRSR) BERAN TRIDADI SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMENUHAN FUNGSI KELUARGA BAGI ANAK BROKEN HOME OLEH BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL REMAJA (BPRSR) BERAN TRIDADI SLEMAN YOGYAKARTA)
12250070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMENUHAN FUNGSI KELUARGA BAGI ANAK BROKEN HOME OLEH BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL REMAJA (BPRSR) BERAN TRIDADI SLEMAN YOGYAKARTA)
12250070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Masa depan Bangsa Indonesia sangatlah ditentukan oleh para generasi muda Bangsa ini. Kaum Muda Indonesia merupakan masa depan Bangsa ini. Semua remaja Indonesia merupakan harapan bangsa yang sangat diandalkan oleh Bangsa Indonesia dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan juga mempertahankan kedaulatan Bangsa. Namun ketika keadaan generasi muda bangsa ini mengalami berbagai masalah di lingkungan masyarakat maupun di lingkungan keluarganaya, lalu akan seperti apa bangsa indonesia ini kedepannya. Dalam penelitian ini, mengkaji tentang pemenuhan fungsi keluarga terhadap remaja broken home yang dilakukan oleh suatu lembaga kesejahteraan sosial yaitu Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Remaja Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Remaja Beran Tridadi Sleman Yogyakarta dalam memenuhi fungsi keluarga bagi remaja yang broken home yang ada di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Remaja Yogyakarta ini. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif.Jenis penelitian kualitatif deskriptif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis yang merupakan deskripsi tentang suatu hal. Informan dalam penelitian ini yaitu: kepala Balai, pekerja sosial, pramu sosial, dan remaja binaan yang broken home. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.Upaya untuk memvalidkan data adalah dengan teknik triangulasi data. Teknik triangulasi data digunakan untuk mengecek kebenaran dan penafsiran data.Model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Miles dan Huberman, yang juga dikenal dengan analisis interaktif. Adapun upaya Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Remaja Beran Tridadi Sleman Yogyakarta dalam memenuhi fungsi keluarga bagi remaja yang broken home yaitu melalui kegiatan berikut ini: memberikan materi-materi tentang Kepemudaan, Palang Merah Remaja, Kesehatan, Bimbingan hukum, kewirausahaan, etika budi pekerti, kedisiplinan dan bimbingan agama. Selain materi, Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Remaja Beran Tridadi Sleman Yogyakarta juga memberikan keterampilan kepada remaja binaannya. Jenis-jenis keterampilan yang diberikan yaitu: keterampilan menjahit, keterampilan salon, keterampilan montir sepeda motor, keterampilan las, dan keterampilan pertukangan kayu. Bukan hanya itu saja, untuk menjaga kondisi emosional anak agar tidak stres dengan berbagai kegiatan, masalahmasalah maupun sebagainya, Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Remaja juga melakukan kunjungan ke tempat wisata dalam satu kali setahun. Berdasarkan acuan yang digunakan penulis yaitu fungsi biologis, edukasi, agama, perlindungan, sosialisai, rekreasi, ekonomi, sosial budaya, cinta kasih, dan pembinaan lingkungan. Dari beberapa fungsi keluarga tersebut, Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Remaja tidak bisa memenuhi fungsi keluarga sebagai fungsi biologis/ reproduksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Waryono Abdul Ghafur, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Fungsi keluarga, BPRSR BeranTridadiSleman Yogyakarta
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 26 Jul 2016 07:47
Last Modified: 26 Jul 2016 07:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20995

Actions (login required)

View Item View Item