UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI MTs NEGERI SLEMAN KOTA

Iswadi NIM. 03410103, (2009) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI MTs NEGERI SLEMAN KOTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kenakalan remaja (juvenile delinquency) merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, sehingga menjadi perhatian yang serius bagi orang tua dan guru. Kenakalan remaja semakin semarak dan menarik perhatian. Permasalahannya semakin meningkat, bukan saja pada frekuensinya tetapi yang lebih menghawatirkan adalah juga karena variasi dan intensitasnya. Diantara jenis dan variasi yang cukup memprihatinkan semua pihak adalah perkelahian, pacaran, penyimpangan seksual sehingga ada beberapa siswa yang terpaksa tidak bisa melanjutkan sekolahnya atau kuliahnya karena hamil di luar nikah, merokok, minuman-minuman keras dan lain sebagainya. Masa depan bangsa dan negara adalah terletak di pundak dan tanggung jawab remaja kita. Jika mereka berkembang dengan peningkatan kualitas yang semakin membaik besar harapan kebaikan dan kebahagiaan kehidupan bangsa dapat diharapkan. Namun jika jika terjadi sebaliknya maka keadaan saling menuding dan menyalahkan tidak dapat dihindarkan sedang permasalahannya semakin nyata dan semakin parah. Berdasarkan permasahan ini maka penulis mencoba meneliti permasahan remaja yaitu kenakalan siswa di MTs Negeri Sleman Kota. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Di MTs Negeri Sleman Kota. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan atau Field Recearch yaitu penelitian yang dilakukan di tempat terjadinya gejala-gejala, atau sebuah penelitian yang bertujuan melakukan studi mendalam mengenai suatu unit sosial sedemikian rupa sehingga menghasilkan gambaran yang terorganisir dengan baik dan lengkap mengenai unit sosial tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif. Adapun metode analisa data yaitu menginterpretasikan data-data yang telah diperoleh ke dalam bentuk kalimat-kalimat dengan menggunakan langkah-langkah yaitu : Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. H. Sumedi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Guru, Pendidikan Agama Islam, Kenakalan, Siswa, MTs Negeri Sleman
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2100

Actions (login required)

View Item View Item