DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT BAGI KEMANDIRIAN EKONOMI DIFABEL GRAHITA (STUDI KASUS DIFABEL GRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA DHARMA BHAKTI PIYUNGAN)

RINA OKTAFIANA, NIM. 12250080 (2016) DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT BAGI KEMANDIRIAN EKONOMI DIFABEL GRAHITA (STUDI KASUS DIFABEL GRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA DHARMA BHAKTI PIYUNGAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT BAGI KEMANDIRIAN EKONOMI DIFABEL GRAHITA (STUDI KASUS DIFABEL GRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA DHARMA BHAKTI PIYUNGAN))
12250080_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT BAGI KEMANDIRIAN EKONOMI DIFABEL GRAHITA (STUDI KASUS DIFABEL GRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA DHARMA BHAKTI PIYUNGAN))
12250080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (852kB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah bagaimana dukungan sosial yang diberikan oleh keluarga, sekolah dan masyarakat dalam meningkatkan kemandirian ekonomi difabel grahita dimana mereka adalah orang yang memiliki kemampuan berbeda. Dukungan sosial keluarga, sekolah dan masyarakat dapat dilihat dari peningkatan ekonomi maupun keterampilan yang dapat mendorong mereka menjadi mandiri. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan dukungan yang diberikan oleh keluarga, sekolah dan masyarakat bagi kemandirian ekonomi difabel grahita. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Peneliti mengikuti kegiatan sehari-hari dari difabel grahita baik di sekolahan maupun di lingkungan temapat tinggalnya. Penelitian ini untuk menggambarkan dukungan sosial yang diberikan oleh keluarga, sekolah dan masyarakat bagi kemandirian ekonomi difabel grahita. subjek dari penelitian ini adalah 1 Kepala Sekolah, 1 Guru, 2 orang tua, serta 3 masyarakat yaitu Pak Dukuh, Pak RT, dan pemberi pekerjaan. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan tekhnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa dukungan sosial keluarga meliputi (1) tangible assistance (bantuan nyata), (2) informational support (dukungan informasi), (3) emotional support (dukungan emosional), dan (4) Selfesteerm support (Dukungan Rasa Harga Diri). Dukungan sosial sekolah meliputi (1) tangible assistance (bantuan nyata), (2) informational support (dukungan informasi), (3) emotional support (dukungan emosional) dan (4) dukungan jaringan. Selanjutnya dukungan sosial masyarakat yaitu (1) tangible assistance (bantuan nyata), (2) informational support (dukungan informasi), (3) emotional support (dukungan emosional). Hasil dari peningkatan ekonomi difabel grahita adalah membebaskan difabel grahita dari kebodohan, karena sekolah memberikan pelatihan keterampilan dan memberikan pelayanan pemagangan, difabel grahita yang produktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Lathiful Khuluq, MA., Ph. D
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial, Kemandirian Ekonomi, Difabel.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 27 Jul 2016 03:27
Last Modified: 27 Jul 2016 03:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21006

Actions (login required)

View Item View Item