FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT DALAM PROSES REINTEGRASI KLIEN EKS PSIKOTIK BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA

ZAKKA ULUL AZMI RIDWAN, NIM 12250081 (2016) FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT DALAM PROSES REINTEGRASI KLIEN EKS PSIKOTIK BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT DALAM PROSES REINTEGRASI KLIEN EKS PSIKOTIK BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA)
12250081_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT DALAM PROSES REINTEGRASI KLIEN EKS PSIKOTIK BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA)
12250081_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2016 sampai April 2016 dengan tujuan untuk membahas faktor pendukung dan penghambat dalam proses reintegrasi klien eks psikotik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya kondisi klien tidak terawat dengan baik setelah menjalani rehabilitasi di Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya dan Laras. Hal tersebut dikarenakan kurang adanya dukungan dari berbagai pihak dan juga faktor-faktor yang menghambat bagi klien sehingga menemui kendala dalam proses reintegrasi sehingga penelitian ini menarik untuk dikaji. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitiannya adalah 2 klien eks psikotik, 2 keluarga klien, 2 pekerja sosial serta 1 pramurukti. Sehingga keseluruhan subyek berjumlah 7 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi yaitu dengan sumber data. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya pentingnya faktor pendukung bagi klien eks psikotik dalam proses reintegrasi yang meliputi dukungan dari seluruh elemen terkait seperti keluarga, pekerja sosial, lingkungan masyarakat, kader jiwa, instansi pemerintah serta fasilitas layanan kesehatan yang terjamin dapat mengantarkan klien kepada keberfungsian sosialnya. Namun, jika hal tersebut tidak dapat berjalan dengan baik maka klien eks psikotik dapat kembali kambuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Muhammad Izzul Haq, S.Sos., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Pendukung, Penghambat, Eks Psikotik, Proses Reintegrasi
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 27 Jul 2016 03:39
Last Modified: 27 Jul 2016 03:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21012

Actions (login required)

View Item View Item