PENDIDIKAN JURNALISTIK PADA SISWA MAN YOGYAKARTA I

Kelik Khoirul Huda NIM : 01410909, (2009) PENDIDIKAN JURNALISTIK PADA SISWA MAN YOGYAKARTA I. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis penyelenggaran pelajaran “Teknik Menulis†sebagai wujud dari pendidikan jurnalistik yang diajarkan kepada siswa-siswa MAN Yogyakarta I. Penelitian ini berangkat dari dua rumusan masalah ; Pertama, bagaimana pelaksanaan pendidikan jurnalistik pada siswa MAN Yogyakarta I. Kedua, bagaimana kaitan atau sinkronisasi dari pendidikan jurnalistik tersebut dengan pendidikan formal yang dilaksanakan oleh MAN Yogyakarta I. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipatoris, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan dan dari makna itu ditarik kesimpulan. Sedangkan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Pemaparan hasil penelitian dilakukan dengan deskriptif eksplanatif sehingga hasil penelitian dapat dipahami secara jelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, penyelenggaraan pendidikan jurnalistik pada awalnya adalah program pendidikan yang dimaksudkan untuk mendongkrak prestasi siswa dibidang kepenulisan yang sudah mulai menurun. Kenyataan ini ditemukan oleh adanya dukungan dana khusus, sarana dan prasarana, dan keterpaduan langkah seluruh jenjang birokrasi MAN Yogyakarta I untuk penyelenggaraan pendidikan jurnalistik. Disamping itu juga adanya kebijakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang mengharuskan setiap sekolah untuk menunjukkan keunggulannya atau kecirikhasannya masing-masing. Karena organisasi KIR (Karya Ilmiah Remaja) di MAN yang paling menonjol prestasinya dibanding organisasi lain maka diputuskan untuk mengembangkannya dengan jalan membekali siswa di bidang kepenulisan. Penyelenggaraan pendidikan jurnalistik di MAN Yogyakarta I sebagai bentuk usaha yang dilakukan pihak madrasah untuk mengembangkan potensi kepenulisan para siswa dan mendongkrak prestasi siswa di dalam karya tulis melalui pendidikan jurnalistik yang diwujudkan dalam pelajaran teknik menulis dapat dikatakan telah berhasil. Selain itu juga pelajaran menulis ini dapat mendukung siswa dalam mempelajari pendidikan formal yang diajarkan di MAN Yogyakarta I.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Sangkot Sirait S.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Jurnalistik, Siswa, MAN Yogyakarta 1
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2102

Actions (login required)

View Item View Item