TARAKIB AL KHALI WA ANWA’IHA FI KITABI ADABU AL ILMI WA AL MUTA’ALIM LI MUHAMMAD HASYIM ASYARI (DIRASAH TAHLILIYAH NAHWIYAH)

OKY MAULANA MUFTI, NIM. 11110052 (2016) TARAKIB AL KHALI WA ANWA’IHA FI KITABI ADABU AL ILMI WA AL MUTA’ALIM LI MUHAMMAD HASYIM ASYARI (DIRASAH TAHLILIYAH NAHWIYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TARAKIB AL KHALI WA ANWA’IHA FI KITABI ADABU AL ILMI WA AL MUTA’ALIM LI MUHAMMAD HASYIM ASYARI (DIRASAH TAHLILIYAH NAHWIYAH))
11110052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TARAKIB AL KHALI WA ANWA’IHA FI KITABI ADABU AL ILMI WA AL MUTA’ALIM LI MUHAMMAD HASYIM ASYARI (DIRASAH TAHLILIYAH NAHWIYAH))
11110052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB)

Abstract

Tema kajian ini adalah study sintaksis (nahwu), yaitu pendekatan yang menggunakan pola-pola nahwu dalam kaidah tata bahasa Arab secara khusus bab hal dalam kitab Adabul ‘alim wal Muta’allim karya Muhammad Hasyim Asy’ari. Hal adalah isim yang dibaca nasab yang menjelaskan keadaan fa’il atau maf’ul (subyek dan obyek ). Hal ini harus berbentuk isim nakirah dan didahului dengan isim yang berbentuk ma’rifah (shohibul hal). Hal harus sesuai dengan shahibul hal baik secara ‘adad maupun jenisnya dan shahibul hal harus ma’rifah. Dalam ilmu nahwu hal di bagi atas tiga bagian, yaitu : hal mufrod, jumlah dan sibhu jumlah. Sedangkan fungsi hal ada enam macam, yaitu : ta’sis/tabyin, taukid, penegas untuk zatnya, mensifati isim jamid, menjelaskan suasana dari shohibul hal, dan menjelaskan sebabnya. Pokok masalah yang menjadi kajian skripsi ini adalah bagaimana polapola struktur hal yang ada dalam kitab tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui struktur hal, jenis-jenis hal dan fungsi hal dalam kitab Adabul ‘alim wal Muta’allim karya Muhammad Hasyim Asy’ari. Penelitian ini adalah bersifat kepustakaan (library research) dan menggunakan pendekatan teori sintaksis (nahwu) yang merupakan pendekatan pada analisis bahasa yang memberikan perhatian secara eksplisit kepada struktur bahasa, sehingga peran dari ilmu nahwu menjadi sangat penting dalam penelitian ini. Penelitian ini menemukan tarkib al hal diantaranya: a) Hal yang diakhirkan, b) Hal yang mendahului amilnya, dan c) Hal yang shohibul halnya dibuang. Sedangkan anwa’al hal ada 2 macam, yaitu : a) Hal mufrod, b) Hal jumlah berupa jumlah ismiyah dan fi’liyah. Penelitian ini juga menemukan fungsi hal, yaitu : a) Ta’sis atau Tabyin, b) Taukid, c) Penegas untuk zatnya, d) Menjelaskan suasana dari shohibul hal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Uki Sukiman, M.Ag.
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2016 13:32
Last Modified: 27 Jul 2016 13:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21045

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum