PENDAMPINGAN PSIKOSOSIAL TERHADAP PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL WANITA (BPRSW) YOGYAKARTA

FEBRI MERLINDA, NIM. 12250091 (2016) PENDAMPINGAN PSIKOSOSIAL TERHADAP PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL WANITA (BPRSW) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDAMPINGAN PSIKOSOSIAL TERHADAP PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL WANITA (BPRSW) YOGYAKARTA)
12250091_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENDAMPINGAN PSIKOSOSIAL TERHADAP PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL WANITA (BPRSW) YOGYAKARTA)
12250091_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bahwa di Indonesia banyak lembaga lembaga yang menangani berbagai permasalahan yang dihadapi oleh perempuan salah satunya ialah Kekerasan dalam rumah tangga dan pemerintah pun sudah berupaya untuk menghapus segala bentuk kekerasan seperti yang sudah diatur dalam undang-undang Nomor 23 tahun 2004 tentang penghapusan kekerasan dalam rumah tangga, Namun seperti yang kita amati dalam kehidupan sehari hari fenomena kekerasan dalam rumah tangga masih banyak ditemui dalam masyarakat, maka dari itu penulis ingin mengetahui pelayanan proses pendampingan yang diberikan salah satu lembaga milik dinas sosial yaitu Balai Perlindungan dan Rehabilitasi dalam berupaya untuk merehabilitasi/memulihkan kondisi para korban kekerasan dalam rumah tangga dengan memberikan pelayanan berupa pendampingan psikososial sehingga nantinya wanita korban kekerasan tersebut dapat pulih dan mengemablikan kembali fungsi sosial dimasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mediskripsikan proses pendampingan psikososial serta mengevaluasi faktor pendukung dan penghambat dalam pendampingan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil tempat penelitian di Balai Perlindungan dan rehabilitasi sosial wanita (BPRSW) Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengorganisasikan data yang berhasil dikumpulkan kemudian dianalisia dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Proses pendampingan psikososial meliputi Diskripsi pelaksanaan proses/tahapan pendampingan, program kegiatan dan out put/hasil nya serta faktor faktor yang mendukung sekaligus menghambat proses pendampingan psikososial terhadap perempuan korban kekerasan dalam rumah tangga di Balai perlindungan dan rehabilitasi sosial wanita (BPRSW) Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Zainudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: pendampingan psikososial.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 27 Jul 2016 06:42
Last Modified: 27 Jul 2016 06:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21048

Actions (login required)

View Item View Item