FUNGSI KELUARGA DALAM PROGRAM PASCA REHABILITASI KLIEN EKS PSIKOTIK BALAI REHABILITASI SOSIAL BINAKARYA DAN LARAS YOGYAKARTA

ADITYA TRISNANTO, NIM. 12250092 (2016) FUNGSI KELUARGA DALAM PROGRAM PASCA REHABILITASI KLIEN EKS PSIKOTIK BALAI REHABILITASI SOSIAL BINAKARYA DAN LARAS YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FUNGSI KELUARGA DALAM PROGRAM PASCA REHABILITASI KLIEN EKS PSIKOTIK BALAI REHABILITASI SOSIAL BINAKARYA DAN LARAS YOGYAKARTA)
12250092_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (FUNGSI KELUARGA DALAM PROGRAM PASCA REHABILITASI KLIEN EKS PSIKOTIK BALAI REHABILITASI SOSIAL BINAKARYA DAN LARAS YOGYAKARTA)
12250092_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (184kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai April 2016, dengan tujuan untuk mengetahui Fungsi keluarga klien eks psikotik dalam program pasca rehabilitasi. Awal ketertarikan peneliti dilatarbelakangi oleh banyaknya klien yang masih memiliki keluarga dan telah selesai melaksanakan rehabilitasi. Dengan selesainya masa rehabilitasi, diwajibkan keluarga untuk turut berFungsi aktif dalam program lanjutan pasca rehabilitasi klien eks psikotik. Fungsi yang diberikan menjadi faktor penting dalam perkembangan klien eks psikotik. Oleh karena itu, penelitian guna mengetahui Fungsi keluarga yang telah berhasil dalam program pasca rehabilitasi perlu dilakukan. Penelitian ini merupakan penilitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian ini adalah keluarga, pekerja sosial, dan klien eks psikotik. Dalam pengumpulan data digunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsaan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peran yang diberikan oleh keluarga terhadap klien eks psikotik yaitu keluarga berperan dalam menjalankan keempat fungsi keluarga seperti fungsi afektif, dimana keluarga menunjukkan kasih sayang serta perhatian kepada anggota keluarga, fungsi sosialisasi dan penempatan sosial hal ini merujuk pada keluarga menjadi penghubung antara klien eks psikotik dengan masyarakat, fungsi perawatan kesehatan merujuk pada kondisi keluarga yang senantiasa mendampingi konsumsi obat dan berFungsi sebagai perawat bagi klien eks psikotik memberikan sandang, pangan dan papan. Fungsi ekonomi dimana keluarga memberikan ruang gerak terhadap anggota keluarga dan memberikan kecukupan secara finansial untuk dapat mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Izzul Haq, S.Sos., M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Pasca Rehabilitasi dan Fungsi keluarga
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 27 Jul 2016 14:32
Last Modified: 27 Jul 2016 14:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21055

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum