PERAN HOME INDUSTRI HOUSE OF LAWE DALAM MEMBERDAYAKAN PEREMPUAN (DI TEGAL KENONGO, TIRTONIRMOLO, KASIHAN, BANTUL YOGYAKARTA)

SITI KHOIRIYAH, NIM. 12250116 (2016) PERAN HOME INDUSTRI HOUSE OF LAWE DALAM MEMBERDAYAKAN PEREMPUAN (DI TEGAL KENONGO, TIRTONIRMOLO, KASIHAN, BANTUL YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN HOME INDUSTRI HOUSE OF LAWE DALAM MEMBERDAYAKAN PEREMPUAN (DI TEGAL KENONGO, TIRTONIRMOLO, KASIHAN, BANTUL YOGYAKARTA))
12250116_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN HOME INDUSTRI HOUSE OF LAWE DALAM MEMBERDAYAKAN PEREMPUAN (DI TEGAL KENONGO, TIRTONIRMOLO, KASIHAN, BANTUL YOGYAKARTA))
12250116_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Siti Khoiriyah, Peran Home Industri House Of Lawe dalam Memberdayakan Perempuan di Tegal Kenongo, Tirtonirmolo, Kasian Bantul, Yogyakarta, Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dilatar belakangi dengan banyaknya home industry yang menjajakan industri kreatif dengan segala kerajinan yang seseorang miliki dan salah satunya home industry House Of Lawe adalah usaha komunitas yang tidak hanya fokus pada bisnis dan mendapat keuntungan namun juga mempunyai misi sosial yang tinggi, dimana salah satu misinya yaitu pemberdayaan perempuan. Dengan member kesempatan pada para perempuan untuk bekerja di House Of Lawe dengan waktu yang fleksibel dimana seorang perempuan bisa bekerja namun tidak pernah kehilangan perannya sebagai ibu dan istri dirumah. Maka diperlukannya peran dari komunitas sehingga perempuan mampu mandiri tetap berkarya mengekspresikan haknya dalam ranah publik. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran yang dilakukan oleh House Of Lawe dalam memberdayakan perempuan dan dampak dari pemberdayaan perempuan di Houe Of Lawe. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu penggambaran dan penguraian data dengan sistematik yang sesuai dengan lapangan. Untuk membantu pengumpulan data maka peneliti menggunakan beberapa metode diantaranya metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Alat analisis data penelitian ini addalah analisa data dan deskriptif kualitatif yaitu penyajian data dalam bentuk tulisan dan menguraikan apa adanya dengan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran House Of Lawe dalam memberdayakan perempuan meliputi peran fasilitatif, peran edukasi, peran perwakilan dan peran teknis. Dampak positif yang dihasilkan dari pemberdayaan terhadap para perempuan meliputi pergeseran kedudukan dan perubahan aktifitas, peluang usaha dan peningkatan pendapatan serta peningkatan kemandirian seorang perempuan yang memilki peran ganda dalam mendapatkan tambahan pendapatan,perempuan mampu bekerja dengan tetap menjalankan perannya sebagai ibu dan istri, lebih menghargai waktu, keluarga dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr.H. Waryono Abdul Ghafur, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Peran House Of Lawe, Kemandirian Perempuan
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 27 Jul 2016 08:52
Last Modified: 27 Jul 2016 08:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21062

Actions (login required)

View Item View Item