IMPLEMENTASI JAMINAN SOSIAL BANTUAN LANGSUNG BERKELANJUTAN OLEH DINAS TENAGA KERJA DAN SOSIAL KABUPATEN SLEMAN BAGI DISABILITAS BERAT

SITI MUSAROFAH, NIM. 12250077 (2016) IMPLEMENTASI JAMINAN SOSIAL BANTUAN LANGSUNG BERKELANJUTAN OLEH DINAS TENAGA KERJA DAN SOSIAL KABUPATEN SLEMAN BAGI DISABILITAS BERAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI JAMINAN SOSIAL BANTUAN LANGSUNG BERKELANJUTAN OLEH DINAS TENAGA KERJA DAN SOSIAL KABUPATEN SLEMAN BAGI DISABILITAS BERAT)
12250077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI JAMINAN SOSIAL BANTUAN LANGSUNG BERKELANJUTAN OLEH DINAS TENAGA KERJA DAN SOSIAL KABUPATEN SLEMAN BAGI DISABILITAS BERAT)
12250077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kabupaten Sleman memiliki beberapa program untuk penyandang disabilitas berat yang salah satunya adalah program jaminan sosial bantuan langsung berkelanjutan. Dengan adanya program ini disabilitas berat dapat mengakses pelayanan dasar yang dibutuhkan, yaitu berupa pemberian dana hibah dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah pemerintah Kabupaten Slernan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di dinas tenaga kerja dan sosial Kabupaten Sleman, adapun subjek penelitian ini adalah kepala seksi bantuan sosial, koordinator PPDI, wali dan disabilitas berat. sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Implementasi Bantuan Langsung Berkelanjutan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kabupaten Sleman bagi Disabilitas Berat. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah menggunakan analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyaji data, dan penarikan kesimpulan, serta keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penyaluran J aminan So sial Bantuan Langsung Berkelanjutan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kabupaten Sleman bagi Disabilitas Berat dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Sleman menggunakan tujuh tahapan mulai dari sosialisasi, pendataan, pengajuan dan penetapan, pendistribusian, pengawasan, evaluasi dan pembuatan laporan. Sedangkan penggunaan dari dana hibah tersebut digunakan oleh penerima manfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok, mulai kebutuhan pokok pangan, kebutuhan pokok kesehatan hingga kebutuhan pokok yang lain seperti sandang dan perlengkapan yang dibutuhkan oleh penyandang disabilitas berat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Zainudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Penyaluran, Jaminan sosial bantuan langsung berkelanjutan, penggunaan, dan penerima manfaat.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Jul 2016 07:12
Last Modified: 28 Jul 2016 07:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21081

Actions (login required)

View Item View Item