KEMAMPUAN DIRI ANAK DALAM BERMAIN DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (TK ABA) KARANGMALANG YOGYAKARTA

TOTO SUGIARTO, NIM. 11220061 (2016) KEMAMPUAN DIRI ANAK DALAM BERMAIN DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (TK ABA) KARANGMALANG YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEMAMPUAN DIRI ANAK DALAM BERMAIN DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (TK ABA) KARANGMALANG YOGYAKARTA)
11220061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KEMAMPUAN DIRI ANAK DALAM BERMAIN DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (TK ABA) KARANGMALANG YOGYAKARTA)
11220061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB)

Abstract

Aktivitas bermain menjadi bagian penting dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan anak baik fisik maupun psikologis. Kesanggupan atau kemampuan melakukan permainan dapat menjadi indikator perkembangan anak. Akan tetapi, kemampuan atau kesanggupan anak melakukan permainan berbeda-beda pada setiap permainan. Sehingga, diperlukan bimbingan untuk menangani kemampuan atau kesanggupan anak melakukan permainan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan atau kesanggupan anak dalam bermain dan upaya yang dilakukan dalam menangani kemampuan bermain anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal (TK ABA) Karangmalang Yogyakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah anak-anak dan kepala sekolah atau pembimbing. Obyek penelitian ini adalah kemampuan-kemampuan diri anak dalam bermain dan upaya menangani kemampuan diri anak dalam bermain. Hasil penelitian berupa kemampuan-kemampuan diri anak dalam bermain yaitu perminan laba-laba (sosial-emosional dan kognitif), permainan kalimat berantai (bahasa/komunikasi), permainan menari (fisik-motorik), permainan sambung berita (bahasa/komunikasi), permainan lompat tali (fisikmotorik), permainan menggambar (daya imajinasi dan motorik), permainan mewarnai (daya imajinasi dan motorik), permainan balok (imajinasi dan motorik), permainan puzzle (motorik), permainan kertas lipat/origami (motorik), permainan meronce (daya imajinasi dan motorik), permainan lego (daya imajnasi dan motorik), permainan musik (motorik), permainan rumah sakit permainan (sosial-emosional dan bahasa /komunikasi), permainan pasar (sosialemosional dan bahasa /komunikasi), permainan toko-tokoan (sosial-emosional dan bahasa /komunikasi), permainan keluargaku (sosial-emosional dan bahasa /komunikasi). Sedangkan upaya yang dilakukan untuk menanagani kemampuan diri anak yaitu Upaya bimbingan secara individu, upaya bimbingan secara kelompok, upaya langsung, upaya tidak langsung, Metode hukuman dan hadiah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Casmini, S. Ag., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Diri Anak, Bermain dan Taman Kanak-Kanak Aisyah Bustanul Athfal
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2016 13:56
Last Modified: 28 Jul 2016 13:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21084

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum