STRATEGI COPING ORANGTUA TUNGGAL (SINGLE PARENT) YANG MEMPUNYAI ANAK KECANDUAN NARKOBA (STUDI KASUS 5 ORANGTUA TUNGGAL YANG MEMPUNYAI ANAK KECANDUAN NARKOBA DI PANTI SOSIAL PAMARDI PUTRA (PSPP) YOGYAKARTA)

SYARIFAH LINNURBAITI PURNOMO, NIM. 11220085 (2016) STRATEGI COPING ORANGTUA TUNGGAL (SINGLE PARENT) YANG MEMPUNYAI ANAK KECANDUAN NARKOBA (STUDI KASUS 5 ORANGTUA TUNGGAL YANG MEMPUNYAI ANAK KECANDUAN NARKOBA DI PANTI SOSIAL PAMARDI PUTRA (PSPP) YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI COPING ORANGTUA TUNGGAL (SINGLE PARENT) YANG MEMPUNYAI ANAK KECANDUAN NARKOBA (STUDI KASUS 5 ORANGTUA TUNGGAL YANG MEMPUNYAI ANAK KECANDUAN NARKOBA DI PANTI SOSIAL PAMARDI PUTRA (PSPP) YOGYAKARTA))
11220085_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI COPING ORANGTUA TUNGGAL (SINGLE PARENT) YANG MEMPUNYAI ANAK KECANDUAN NARKOBA (STUDI KASUS 5 ORANGTUA TUNGGAL YANG MEMPUNYAI ANAK KECANDUAN NARKOBA DI PANTI SOSIAL PAMARDI PUTRA (PSPP) YOGYAKARTA))
11220085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB)

Abstract

SYARIFAH LINNURBAITI PURNOMO. 11220085. “Strategi Coping Orangtua Tunggal Yang Mempunyai Anak Kecanduan Narkoba (Studi Kasus Lima Orangtua Tunggal Yang Mempunyai Anak Kecanduan Narkoba di Panti Sosial Pamardi Putra Yogyakarta)”. Skripsi, Prodi Bimbingan dan Konseling Islam. Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2016. Penelitian ini berangkat dari kondisi lingkungan tempat anak-anak bergaul semakin lama semakin memperihatinkan. Jika tidak terkontrol oleh orangtua, anak akan terjerumus ke penyalahgunaan narkoba. Keadaan tersebut dapat disebabkan oleh kondisi orangtua yang tidak utuh. Jika kondisi mereka tidak utuh, hal itu akan menyebabkan orangtua menjadi stress dan mendapat tekanan. Mau tidak mau orangtua harus menghilangkan kondisi demikian agar tetap fokus mengurusi anak mereka yang bermasalah. Hal itu dilakukan dengan melakukan berbagai usaha (coping) agar anak mereka terlepas dari jeratan narkotika, beban moral dan ekonomi akibat anak mereka. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang menggunakan wawancara terstruktur dan tidak tersruktur serta observasi untuk mendapatkan data penelitian. Penelitian ini memahami fenomena yang langka dan unik tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian ini. Subyek yang diambil untuk mendapatkan informasi yaitu 5 orangtua tunggal yang mempunyai anak kecanduan narkoba yang terbagi menjadi 3 kategori yaitu orangtua tunggal akibat perceraian (subyek MT dan MR), orangtua tunggal akibat pasangan meninggal dunia (WD dan WS), dan orangtua tunggal akibat melahirkan anak di luar nikah (NR) serta informan yang berjumlah 5 orang yang merupakan saudara yang mempunyai hubungan dekat dengan subyek. Hasil penelitian menunjukkan persamaan dalam melakukan strategi coping yang berfokus pada masalah. Hal ini karena mereka ingin menyembuhkan anaknya dari ketergantungan narkoba. Salah satunya adalah membawa anak mereka ke tempat rehabilitasi narkoba. Namun subyek WD tidak puas dengan hal tersebut, dan membawa anaknya ke pondok pesantren. Selain itu, subyek juga lebih mengontrol perasaan mereka agar usaha mereka mendapatkan hasil yang baik dan mampu mengubah pikiran negatif menjadi pikiran positif. Subyek NR yang menjadi orangtua tunggal akibat melahirkan anak di luar nikah lebih banyak menghindar dari masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Casmini, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Strategi Coping, Orangtua Tunggal, Kecanduan Narkoba.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2016 14:12
Last Modified: 28 Jul 2016 14:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21088

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum