PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENGHADAPI GEMPA BUMI PADA SISWA SMK NASIONAL BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA

LUTFATUL LATIFAH, NIM. 11220108 (2016) PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENGHADAPI GEMPA BUMI PADA SISWA SMK NASIONAL BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENGHADAPI GEMPA BUMI PADA SISWA SMK NASIONAL BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA)
11220108_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENGHADAPI GEMPA BUMI PADA SISWA SMK NASIONAL BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA)
11220108_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)

Abstract

LUTFATUL LATIFAH, Pelaksanaan Bimbingan Kelompok dan Konseling Individu Dalam Menghadapi Gempa Bumi Pada Siswa SMK Nasional Berbah Sleman Yogyakarta, Skripsi. Prodi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa negara Indonesia merupakan negara yang rawan akan adanya bencana khusunya di Yogyakarta yang wilayahnya rawan akan bencana gempa bumi. Bencana datang secara tibatiba, untuk itu sebagai manusisa usaha yang dapat dilakukan adalah dengan mengantisipasinya melalui berbagai kegiatan yang dapat meminimalkan dampak dari bencana yang terjadi. Beberapa faktor penyebab utama timbulnya banyak korban akibat bencana adalah karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang bencana dan kurangnya kesiapan masyarakat dalam mengantisipasi bencana tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah 1 Guru BK, 1 koordinator program sekolah siaga bencana dan 6 siswa. Obyek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan bimbingan kelompok dan konseling individu dalam menghadapi gempa bumi pada siswa SMK Nasional Berbah Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan bimbingan kelompok dan konseling individu dalam menghadapi gempa bumi pada siswa SMK Nasional Berbah Sleman Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa proses pelaksanaan bimbingan kelompok melalui beberapa tahapan, yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap pelaksanaan kegiatan dan tahap pengakhiran. Kemudian proses pelaksanaan konseling individu disini terdiri dari beberapa langkah, yaitu langkah analisis, langkah diagnosis, langkah prognosis, langkah konseling, dan tindak lanjut. Adapun untuk proses simulasi gempa bumi terdiri dari langkah persiapan dan pelaksanaan simulasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Abdullah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Konseling Individu dan Gempa Bumi.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2016 14:13
Last Modified: 28 Jul 2016 14:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21089

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum