STUDI KOMPARASI KONSELING PRANIKAH ANTARA BP4 GONDOKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA DAN GEREJA ST. FRANCISCUS XAVERIUS YOGYAKARTA

FRESYA LUTFIKA, NIM. 11220123 (2016) STUDI KOMPARASI KONSELING PRANIKAH ANTARA BP4 GONDOKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA DAN GEREJA ST. FRANCISCUS XAVERIUS YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI KONSELING PRANIKAH ANTARA BP4 GONDOKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA DAN GEREJA ST. FRANCISCUS XAVERIUS YOGYAKARTA)
11220123_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI KONSELING PRANIKAH ANTARA BP4 GONDOKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA DAN GEREJA ST. FRANCISCUS XAVERIUS YOGYAKARTA)
11220123_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB)

Abstract

FRESYA LUTFIKA, Studi Komparasi Konseling Pranikah antara BP4 Gondokusuman Yogyakarta dan Gereja St. Franciscus Xaverius Yogyakarta, Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Dalam sebuah ikatan perkawinan pasti pada saatnya akan ada beberapa persoalan yang terjadi. Karena sejatinya menikah adalah persatuan dari dua orang yang berbeda yang ingin menyatukan diri untuk membangun sebuah keluarga. Konseling pranikah diperlukan bagi pasangan yang akan menikah sebagai tempat untuk memperoleh pengetahuan yang membimbing dua orang yang berbeda untuk saling menyatukan pikiran untuk membangun sebuah ikatan pernikahan. Keberhasilan konseling pranikah sendiri dipengaruhi oleh penggunaan metode yang tepat untuk klien. Penelitian ini berusaha mengungkap metode konseling pranikah di BP4 Gondokusuman dan Gereja St. Franciscus Xaverius Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai alat pengumpul data. Setelah data terkumpul, data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan serta pengujian kesimpulan (drawing and verifying conclussion). Penelitian ini juga menggunakan teknik analisis komparatif dengan cara membandingkan data yang di dapat dari kedua lembaga tersebut. Hasil dari penelitian ini menunujukkan bahwa metode konseling yang digunakan di BP4 Gondokusuman adalah metode ceramah dan dialog secara individu. Sedangkan metode konseling yang digunakan di Gereja Katolik St. Franciscus Xaverius Yogyakarta adalah metode ceramah secara berkelompok dan metode tanya jawab tidak langsung. Persamaan dari kedua lembaga agama ini terletak pada metode utama yang digunakan, yaitu metode ceramah. Sedangkan perbedaannya terletak pada penggunaan metode dialog secara langsung di BP4 Gondokusuman yang tidak diterapkan di Gereja Katolik St. Franciscus Xaerius Yogyakarta, serta metode tanya jawab tidak langsung yang digunakan oleh Gereja Katolik St. Franciscus Xaverius yang tidak diterapkan di BP4 Gondokusuman Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Irsyadunnas, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Konseling Pranikah, Metode Konseling
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2016 14:17
Last Modified: 28 Jul 2016 14:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21091

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum