BIMBINGAN KONSELING PADA LANSIA YANG MENGALAMI POST POWER SYNDROME DI UPT PANTI WREDHA BUDHI DHARMA YOGYAKARTA

ISTIQOMAH, NIM. 12220003 (2016) BIMBINGAN KONSELING PADA LANSIA YANG MENGALAMI POST POWER SYNDROME DI UPT PANTI WREDHA BUDHI DHARMA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KONSELING PADA LANSIA YANG MENGALAMI POST POWER SYNDROME DI UPT PANTI WREDHA BUDHI DHARMA YOGYAKARTA)
12220003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KONSELING PADA LANSIA YANG MENGALAMI POST POWER SYNDROME DI UPT PANTI WREDHA BUDHI DHARMA YOGYAKARTA)
12220003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)

Abstract

ISTIQOMAH (12220003), Bimbingan Konseling Pada Lansia Yang Mengalami Post Power Syndrome Di UPT Panti Wredha Budhi Dharma Yogyakarta, Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini dilakukan karena dilatarbelakangi oleh kehidupan lansia yang tinggal di panti jompo. Semakin lanjut usia seseorang maka semakin banyak mengalami penurunan baik secara fisik maupun psikologis. Seseorang yang sudah lanjut usia sangat mengharapkan kehidupan yang tenteram, damai, dan sejahtera. Begitupun dengan lansia yang tinggal di Panti Wredha Budhi Dharma Yogyakarta. Akan tetapi masih banyak lansia di Panti Wredha Budhi Dharma yang masih belum bisa menerima kondisi dirinya saat ini. Lansia masih saja hidup dalam bayang-bayang kejayaan masa lalunya atau biasa disebut dengan Post Power Syndrome. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode yang dilakukan Panti Wredha Budhi Dharma dalam mendampingi lansia yang mengalami Post Power Syndrome. Penelitian ini merupakan penelitian kualititatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah Bapak Drs. R Prihadi Hermantara selaku koordinator pendamping panti Wredha Budhi Dharma.dan Bapak Heri Supriyanto S.Sos. serta empat kelayan yaitu Mbah RA, Mbah SM, Mbah NK dan Mbah PW. Sedangkan yang menjadi obyek penelitian adalah metode bimbingan konseling yang digunakan dalam mendampingi lansia yang mengalami post power syndrome. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bimbingan konseling yang digunakan oleh Panti Wredha Budhi Dharma dalam mendampingi lansia adalah dengan menggunakan metode langsung dengan teknik individual dan teknik kelompok. teknik individual dengan menggunakan konseling individu sedangkan teknik kelompok dengan menggunakan metode ceramah, bimbingan keterampilan dan kesenian musik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A.Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling, Lansia, Post Power Syndrome.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Jul 2016 07:52
Last Modified: 29 Jul 2016 07:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21097

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum