BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL UNTUK SELF-EFFICACY SISWA DAN IMPLIKASINYA PADA BIMBINGAN KONSELING DI SMK DIPONEGORO, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA

ATIFAH HANUM, NIM. 12220018 (2016) BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL UNTUK SELF-EFFICACY SISWA DAN IMPLIKASINYA PADA BIMBINGAN KONSELING DI SMK DIPONEGORO, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL UNTUK SELF-EFFICACY SISWA DAN I PLIKASINYA PADA BIMBINGAN KONSELING DI SMK DIPONEGORO, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA)
12220018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL UNTUK SELF-EFFICACY SISWA DAN I PLIKASINYA PADA BIMBINGAN KONSELING DI SMK DIPONEGORO, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA)
12220018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)

Abstract

ATIFAH HANUM, 12220018. Bimbingan Pribadi-Sosial untuk Self- Efficacy Siswa dan Implikasinya pada Bimbingan dan Konseling di SMK Diponegoro, Depok, Sleman, Yogyakarta, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2016. Adanya saling keterkaitan antara faktor pembawaan dan lingkungan, serta antar berbagai aspek perkembangan perlu menjadi khasanah pemahaman konselor dalam menghadapi sasaran layanannya sebagai dasar upaya diagnosis, prognosis, dan pemberian bantuan bagi siswa. Dalam hal inilah, bimbingan pribadi-sosial merupakan salah satu pilihan layanan dalam pelaksanaan layanan bimbingan konseling untuk self-efficacy siswa dalam membantu menentukan dan mengembangkan dirinya secara optimal dan mandiri sesuai dengan kewajibannya sebagai makhluk Tuhan. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif- kuantitatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini ada 2 yaitu: bagaimana pelaksanaan bimbingan pribadi-sosial untuk self-efficacy siswa di SMK Diponegoro, Depok, Sleman, Yogyakarta dan bagaimana bimbingan pribadi-sosial untuk pengembangan self-efficacy tinggi dan penguatan self-efficacy rendah pada siswa di SMK Diponegoro, Depok, Sleman, Yogyakarta? Tujuannya yaitu: Untuk mendiskripsikan pelakasanaan bimbingan pribadi-sosial siswa SMK Diponegoro, Depok, Sleman, Yogyakarta dan mendiskripsikan bimbingan pribadi-sosial untuk pengembangan self-efficacy tinggi dan penguatan self-efficacy rendah pada siswa di SMK Diponegoro, Depok, Sleman, Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 guru bimbingan konseling, wali kelas, dan siswa kelas X PTSM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, skala, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan layanan bimbingan pribadi- sosial terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi dan tindak lanjut. Bentuk pelaksanaan layanan bimbingan pribadi-sosial di SMK Diponegoro dengan metode tidak langsung meliputi bimbingan klasikal, kolaborasi dengan wali kelas, kunjungan rumah, IKMS, dan papan bimbingan. Adapun materi yang disampaikan meliputi motivasi, percaya diri, harga diri, penyesuaian diri, dan mengontrol emosi. Bentuk pelaksanaan dengan metode langsung meliputi bimbingan individual, bimbingan kelompok, dan konseling individu. Bimbingan pribadi-sosial untuk pengembangan dan penguatan self- efficacy siswa mendapatkan respon baik dengan nilai rata-rata 86,7.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Casmini, M.Si
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Jul 2016 08:00
Last Modified: 29 Jul 2016 08:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21101

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum