FORENSIC SOCIAL WORKER STUDI KASUS PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM PROSES DIVERSI PADA SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK DI KABUPATEN SLEMAN

OKTAVIANI, NIM. 12250079 (2016) FORENSIC SOCIAL WORKER STUDI KASUS PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM PROSES DIVERSI PADA SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK DI KABUPATEN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FORENSIC SOCIAL WORKER STUDI KASUS PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM PROSES DIVERSI PADA SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK DI KABUPATEN SLEMAN)
12250079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FORENSIC SOCIAL WORKER STUDI KASUS PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM PROSES DIVERSI PADA SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK DI KABUPATEN SLEMAN)
12250079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (583kB)

Abstract

Pada penulisan skripsi ini, penulis membahas peran pekerja sosial forensik dalam proses diversi pada sistem peradilan pidana anak. Pada ketentuan diversi dalam undang-undang nomor 11 tahun 2012 tentang sistem peradilan pidana anak dalam rangka perlindungan hak-hak anak dimana ketentuan tersebut memerlukan pekerja sosial. Hal yang melatarbelakangi penulis mengangkat judul tersebut, di Indonesia istilah forensic social worker belum popular padahal di Amerika pekerja sosial yang menangani masalah hukum disebut forensic social worker. Berdasarkan hal tersebut penulis mencoba mengkaji bagaimanakah peran pekerja social pada proses diversi dan prespektif peran tersebut dilihat dari Forensic social worker. Dalam proses diversi penanganan anak berhadapan dengan hukum didampingi oleh pekerja sosial kabupaten yang disebut sakti peksos dan pekerja social di balai Perlindungan dan Rehabilitasi dimana anak tersebut dititipkan. Peran mereka dibedakan dari segi kliennya. Anak berhadapan dengan hukum sebagai anak korban ditangani oleh Sakti Peksos sedangkan anak pelaku penanangannya ditangani oleh pekerja sosial di yang berada di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi. Jenis penelitian yang dilakukan penulis ini adalah penelitian diskriptif kualitatif yaitu peneliti mengumpulkan data, mengolah data, dan menganalisis data secara diskriptif analisis dengan tujuan agar dapat memperoleh informasi yang dalam tentang apa yang menjadi penelitian. Validitas data dengan cara trianggulasi data sehingga penulis melakukan wawancara kepada empat sakti peksos dan pekerja sosial di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan oleh penulis menunjukan bahwa peran pekerja social baik Sakti Peksos maupun pekerja sosial di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi dalam proses diversi terdapat empat peran yaitu, sebagai saksi ahli dimana pekerja sosial bersaksi dipengadilan, memfasilitasi dengan melakukan pendampingan, mendidik dengan memberikan pengetahuan serta menguatkan. Peran–peran diatas sesuai dengan fungsi dan tugas dasar forensic social worker.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Arif Maftuhin, M.Ag., M.A.I.S.
Uncontrolled Keywords: Forensic social worker,Peran Pekerja social, Diversi, ABH,
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 29 Jul 2016 02:46
Last Modified: 29 Jul 2016 02:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21127

Actions (login required)

View Item View Item