KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH MODEL KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF (Studi Kasus Peningkatan Mutu Pendidikan di RA Masyithoh Karanganom Bantul)

SILVIANA EKA MINANDA, NIM: 12490028 (2016) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH MODEL KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF (Studi Kasus Peningkatan Mutu Pendidikan di RA Masyithoh Karanganom Bantul). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH MODEL KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF (Studi Kasus Peningkatan Mutu Pendidikan di RA Masyithoh Karanganom Bantul))
12490028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH MODEL KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF (Studi Kasus Peningkatan Mutu Pendidikan di RA Masyithoh Karanganom Bantul))
12490028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Silviana Eka Minanda, Kepemimpinan Kepala Sekolah Model Kepemimpinan Transformatif (Studi Kasus Peningkatan Mutu Pendidikan Di RA Masyithoh Karanganom Bantul). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini berawal dari pergantian kepemimpinan kepala sekolah yang meneruskan kepemimpinan yang dulu atau menciptakan pembaruan dalam peningkatan mutu pendidikan di RA Masyithoh Karanganom, Bantul. Oleh karena itu penelitian ini mencari model kepemimpinan kepala sekolah Transformatif untuk menciptakan pembaruan yang ada di RA tersebut. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah agar para pembaca mampu mengetahui potensi kepala sekolah pada periode 2006-2016 yang melakukan pembaruan dan mampu membawa ke arah peningkatan mutu yang lebih baik bagi dirinya, lembaga, maupun orang sekitar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar diRA Masyithoh Karanganom Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi nonpartisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Pemeriksaan atau validitas data dilakukan dengan teknik keabsahan data (triangulasi), dimana data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi akan diuji kebenarannya. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan kepala RA tidak hanya meneruskan kepemimpinan yang dulu, akan tetapi terus menerus melakukan pembaruan dengan menciptakan mutu pendidikan lebih baik, melalui tahap Idealized Influence, Inspirasional motivation, Intellectual simulation, Individualized consideration; 2) dampak dan hasil dari Kepemimpinan kepala sekolah model kepemimpinan transformatif dalam peningkatan mutu pendidikan dapat dilihat dari keberhasilan prestasi-prestasi siswa, guru profesional dan berkualitas, ide-ide kreatif, dan kerjasama seluruh pihak RA Masyithoh Karanganom Bantul. Kata Kunci: Kepemimpinan, Transformatif, Raudhatul Athfal (RA).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Subiyantoro, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Transformatif, Raudhatul Athfal (RA)
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Sep 2016 09:44
Last Modified: 15 Sep 2016 09:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21131

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum