AKTIVITAS DAKWAH K.H. NAWAWI ABDUL AZIZ DI DUSUN NGRUKEM, KRANDOHAN, PENDOWOHARJO, SEWON, BANTUL YOGYAKARTA TAHUN 1964-2014 M

Muhammad Habiburrohman, NIM. 11120128 (2016) AKTIVITAS DAKWAH K.H. NAWAWI ABDUL AZIZ DI DUSUN NGRUKEM, KRANDOHAN, PENDOWOHARJO, SEWON, BANTUL YOGYAKARTA TAHUN 1964-2014 M. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (AKTIVITAS DAKWAH K.H. NAWAWI ABDUL AZIZ DI DUSUN NGRUKEM, KRANDOHAN, PENDOWOHARJO, SEWON, BANTUL YOGYAKARTA TAHUN 1964-2014 M)
11120128_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (AKTIVITAS DAKWAH K.H. NAWAWI ABDUL AZIZ DI DUSUN NGRUKEM, KRANDOHAN, PENDOWOHARJO, SEWON, BANTUL YOGYAKARTA TAHUN 1964-2014 M)
11120128_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (716kB)

Abstract

Ulama dalam konteks agama Islam tidak asing lagi untuk dibicarakan dalam proses penyebaran agama Islam. Dalam perkembangan sejarah Islam Nusantara, sebutan ulama biasanya disinonimkan dengan sebutan kiai, yaitu orang yang mempunyai kelebihan (religius). Kiai di sini juga mempunyai peran penting dalam proses penyebaran agama Islam. Melalui medium dakwah, kiai mempunyai peran terhadap terbentuknya identitas dan aktivitas religius dalam masyarakat. Penelitian ini akan mengkaji tentang peran K. H. Nawawi Abdul Aziz, seorang kiai yang dihormati di daerah Ngrukem, Krandohan, Pandowoharjo, Sewon, Bantul Yogyakarta pada tahun 1964-2014 M. Pada tahun-tahun tersebut ia telah membawa perubahan dalam kehidupan masyarakat melalui berbagai pengajian-pengajian yang dilakukannya, seperti: Pengajian Malem Selasa, Ahad Pon, Pengajian Keliling,, serta melalui lembaga Pondok Pesantren An-Nur yang ia dirikan. Selain sebagai pengasuh pondok pesantren, ia juga terlibat aktif di partai politik. Ia juga seorang ketua hakim di Pengadilan Agama Kabupaten Bantul. Hal ini sedikit banyak akan mempengaruhi pola kehidupan K. H. Nawawi Abdul Aziz dalam menjalani aktivitas dalwahnya di Dusun Ngrukem, Krandohan, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Kajian ini difokuskan pada aktivitas dakwah K. H. Nawawi Abdul Aziz dan pengaruhnya di Dusun Ngrukem, Krandohan, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta pada tahun 1964-2014. Kajian ini menggunakan teori peranan sosial yang dikemukakan oleh Erving Goffman bahwa peranan seseorang yang menduduki posisi tertentu mempunyai pengaruh besar terhadap adanya perubahan yang terjadi dalam segala aspek kehidupan masyarakat. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode sejarah yaitu rekonstruksi tentang masa lalu dengan empat tahapan yaitu heuristik, verifikasi, interpretasi, historiografi. Dengan harapan data yang dikumpulkan cukup valid dan responsible. Kajian ini menggunakan pendekatan sosial-biografi, yaitu digunakan untuk memahami latar belakang tokoh dalam proses interaksi sosial, serta proses perubahan-perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat yang ditimbulkan akibat kegiatan dakwah K. H. Nawawi Abdul Aziz di Dusun Ngrukem. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa K. H. Nawawi Abdul Aziz dengan aktivitas dakwahnya sangat berperan aktif memberikan perubahan besar dalam kehidupan masyarakat. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peran dan pengaruhnya dalam segala bidang, baik dalam bidang agama, pendidikan, sosial, maupun ekonomi. Kata Kunci: Aktivitas-Dakwah-K. H. Nawawi Abdul Aziz

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Syamsul Arifin, S.Ag M.Ag
Uncontrolled Keywords: Aktivitas-Dakwah-K. H. Nawawi Abdul Aziz
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Oct 2016 09:00
Last Modified: 04 Oct 2016 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21148

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum