KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI RENDAHNYA KEDISIPLINAN DI SMP N 15 YOGYAKARTA

ARINTA WIDHI ASTUTI, NIM. 12220090 (2016) KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI RENDAHNYA KEDISIPLINAN DI SMP N 15 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI RENDAHNYA KEDISIPLINAN DI SMP N 15 YOGYAKARTA)
12220090_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI RENDAHNYA KEDISIPLINAN DI SMP N 15 YOGYAKARTA)
12220090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)

Abstract

Arinta Widhi Astuti, Konseling Individu dalam Mengatasi Rendahnya Kedisiplinan di SMP N 15 Yogyakarta. Skripsi, Prodi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya siswa kurang memperhatikan tata tertib yang ada, mereka sering melakukan pelanggaran kedisiplinan. Sudah semestinya sejak usia dini seorang anak diajarkan tentang kedisiplinan, namun pada kenyataannya banyak sekali siswa yang melanggar kedisiplinan. Jika hal tersebut terus dibirkan, maka kedepaannya akan banyak pelanggaran-pelanggaran yang akan dilakukan di dunia kerja. Untuk itu perlu adanya peran guru bimbinngan dan konseling untuk memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa yang melakukan pelanggaran kedisiplinan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai metode konseling individu saja yang diberikan guru BK agar siswa tidak melakukan pelanggaran kedisiplinan, serta mengetahui tahap konseling individu di SMP N 15 Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling yaitu bapak Nurbowo yang merupakan koordinator BK, serta siswa yang melakukan pelanggaran kedisiplinan, khususnya terlambat datang kesekolah dan siswa yang tidak mengerjakan tugas dari guru mata pelajaran. Obyek dalam penelitian ini sendiri adalah adalah metode konseling individu apa saja yang digunakan guru BK dalam mengatasi pelanggaran kedisiplinan, serta bagaimana tahap pelaksanaan konseling individu di SMP N 15 Yogyakarta. Adapun pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data sendiri menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode konseling individu yang digunakan di SMP N 15 Yogyakarta adalah dengan metode direktif. Adapun tahap pelaksanaan konseling individu dalam mngatasi pelanggaran kedisiplinan di SMP N 15 Yogyakarta secara keseluruhan berjalan dengan baik, hal tersebut dapat dilihat dari terpenuhinya indikator pelaksanaan konseling individu yang meliputi : perencanaan, pelaksanaan, analisis hasil evaluasi, tindak lanjut, dan laporan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Slamet, S. Ag, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Konseling Individu, Mengatasi Rendahnya Kedisiplinan
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Jul 2016 13:16
Last Modified: 29 Jul 2016 13:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21162

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum