HUBUNGAN ANTARA KEIKUTSERTAAN SISWA DALAM KEGIATAN BELAJAR MALAM DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs. MUHAMMADIYAH AL-MANAR DEMAK

Miftahul Farid NIM. 0441 0801-03, (2009) HUBUNGAN ANTARA KEIKUTSERTAAN SISWA DALAM KEGIATAN BELAJAR MALAM DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs. MUHAMMADIYAH AL-MANAR DEMAK. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan antara keikutsertaan siswa dalam kegiatan belajar malam dengan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs. Muhammadiyah Al-Manar Demak yang meliputi analisa tentang prestasi belajar siswa kelas VIII MTs. Muhammadiyah Al-Manar Demak, analisa tentang keikutsertaan siswa dalam kegiatan belajar malam serta analisa signifikansi hubungan antara keikutsertaan siswa dalam kegiatan belajar malam dengan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Al-Manar Demak. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi lembaga sekolah dalam rangka optimalisasi penyelenggaraan kegiatan belajar malam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif populatif. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Muhammadiyah Al-Manar Demak tahun pelajaran 2007/2008 sebanyak 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 28 butir angket terbukti valid. Sedang hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0.817 dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis korelasi yang dilakukan dengan menggunakan rumus statistik product moment. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Prestasi belajar siswa kelas VIII MTs. Muhammadiyah Al-Manar Demak dapat digolongkan dalam tiga kategori. Siswa yang mendapat nilai baik ada 7 anak dengan prosesntase 25%. Siswa yang mendapat nilai cukup ada 16 anak dengan prosentase 57.1%. Siswa yang mendapat nilai kurang baik ada 5 anak dengan prosentase 17.9%. Dengan demikian prestasi siswa kelas VIII MTs. Muhammadiyah Al-Manar Demak kebanyakan mendapat nilai cukup baik. 2) Sikap siswa terhadap penerapan metode belajar malam dapat di golongkan dalam tiga kategori. Siswa yang bersikap positif berjumlah 3 anak dengan prosenstase 10.7%. siswa yang bersikap sedang berjumlah 20 anak dengan prosestase 71.4%. Dan yang bersikap negatif berjumlah 5 anak dengan prosentase 17.9%. Dengan demikian, sikap siswa kelas VIII MTs. Muhammadiyah Al-Manar Demak terhadap penerapan metode belajar malam adalah sedang atau cukup baik. 3) Ada korelasi positif yang sedang antara keikutsertaan siswa dalam kegiatan belajar malam dengan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs. Muhammadiyah Al-Manar Demak dengan angka korelasi sebesar 0.524. Hal ini berarti bahwa tinggi rendahnya sikap atau antusiasme siswa terhadap kegiatan belajar malam ada hubungannya dengan tinggi rendahnya prestasi belajar mereka. Mereka yang kurang antusias dalam kegiatan belajar malam akan lemah dalam prestasi belajarnya. Sebaliknnya, siswa yang memanfaatkan kegiatan belajar malam dengan antusiasme tinggi akan berimplikasi positif terhadap prestasi belajar mereka..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Ichsan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Belajar, Prestasi Belajar, MTs Muhammadiyah Al-Manar
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2117

Actions (login required)

View Item View Item