HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL GEMOLONG SRAGEN

Moh. Istiqlal NIM. 03410005, (2009) HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL GEMOLONG SRAGEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan apakah ada korelasi antara penggunaan media audio visual (Komputer, Televisi, VCD) dengan prestasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam pembelajaran di SD SBI Gemolong Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, dokumentasi, interview, angket dan data rapot. Data-data tersebut dijelaskan menggunakan angka dan dianalisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penggunaan media audio visual merupakan terobosan baru dalam dunia pendidikan dengan tujuan dapat mempermudah menanamkan nilai-nilai pendidikan pada anak didik, penggunaan media audio visual di Sekolah Dasar Sekolah Bertaraf Internasional Gemolong Sragen menunjukan bahwa dari jumlah 44 siswa, 42 siswa mendapat nilai baik sedangkan 2 siswa mendapat nilai cukup oleh karena itu dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media audio visual di SD SBI Gemolong Sragen dalam kategori baik. (2) Pembelajaran dengan media audio visual dapat mengembangkan imajinasi siswa karena siswa dibimbing untuk mengeksplor kemampuannya untuk menganalisis materi yang disampaikan dengan bantuan media audio visual. Hal ini merupakan langkah awal untuk menjelaskan hal-hal yang belum mereka kuasai. Selain itu proses belajar mengajar dengan media auio visual tidak terpaku pada seorang guru tetapi bagaimana guru membimbing siswa untuk memperoleh pengetahuan dari tontonan tersebut. Hasil analisis yang didapat dari penelitian ini sebesar 0.853 atau 85% prestasi belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam dipengaruhi oleh penggunaan media audio visual sedangkan 15% prestasi siswa dipengaruhi oleh aspek-aspek antara lain situasi dan kondisi siswa dalam melaksanakan sering atau tanya jawab mempengaruhi banyak sedikitnya perolehan pengetahuan siswa, penyampaian materi dengan media kadang belum bisa memperjelas materi yang diberikan, penyampaian materi dengan media audio visual kadang hanya dimaknai siswa sebagai tontonan saja dan sebagian mereka tidak dapat mengambil inti dari tontonan tersebut. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa media yang sekarang menguasai perkembangan zaman dapat digunakan sebagai media yang sangat bermanfaat dalam dunia pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs Ichsan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penggunaan, Audio Vsual, Prestasi, Belajar, Pendidikan Agama Islam,
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2120

Actions (login required)

View Item View Item