NILAI BUDI PEKERTI TOKOH DALAM ANIMASI SERIAL ANAK “ADIT DAN SOPO JARWO” DI MNCTV (EPISODE 23 DAN EPISODE 35)

CHIKA WINDYASWARI, NIM. 12210106 (2016) NILAI BUDI PEKERTI TOKOH DALAM ANIMASI SERIAL ANAK “ADIT DAN SOPO JARWO” DI MNCTV (EPISODE 23 DAN EPISODE 35). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI BUDI PEKERTI TOKOH DALAM ANIMASI SERIAL ANAK “ADIT DAN SOPO JARWO” DI MNCTV (EPISODE 23 DAN EPISODE 35))
12210106_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI BUDI PEKERTI TOKOH DALAM ANIMASI SERIAL ANAK “ADIT DAN SOPO JARWO” DI MNCTV (EPISODE 23 DAN EPISODE 35))
12210106_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Chika Windyaswari 12210106. Nilai Budi Pekerti Tokoh dalam Animasi Serial Anak Adit dan Sopo Jarwo. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Animasi Serial Anak Adit dan Sopo Jarwo merupakan animasi karya MD Animation yang ditayangkan setiap hari jam 18.30 di MNCTV. Animasi ini menceritakan tentang persahabatan dan petulangan yang terjadi antara Adit dan teman-temannya yang mendapat gangguan dari dua orang pengganggu Sopo dan Jarwo. Animasi serial anak ini disutradarai oleh Dana Riza dan pembuatannya melibatkan tidak kurang dari 60 animator terbaik asli Indonesia. Dengan ceritanya yang lucu dan penuh dengan nilai edukasi pada tahun 2015 Adit dan Sopo Jarwo mendapatkan penghargaan sebagai duta hari film Nasional. Hal ini yang membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian. Penelitian ini menganalisis tentang nilai budi pekerti tokoh yang ada dalam animasi serial Anak Adit dan Sopo Jarwo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai nilai budi pekerti yang ditampilkan para tokoh dalam animasi serial anak Adit dan Sopo jarwo episode 23 dan episode 35. Jenis penelitian ini menggunakan deskiptif kualitatif dan teknis analisis data menggunakan analisis semoitik model Roland Barthes. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian yang telah dilakukan dalam animasi serial anak Adit dan Sopo Jarwo episode 23 dan episode 35 menemukan nilai budi pekerti yang ditampilkan tokoh yaitu meliputi (1) meyakini adanya Tuhan Yang Maha Esa, (2) mentaati ajaran agama, (3) memiliki rasa tanggung jawab, (4) menumbuhkan cinta kasih sayang, (5) mampu berfikir positif, (6) memilki tata krama dan sopan santun, (7) memiliki rasa kesetiakawanan, dan (8) mengembangkan etos kerja dan belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. M. Kholili, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Nilai budi pekerti, Animasi serial anak, Adit dan Sopo Jarwo
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Aug 2016 09:33
Last Modified: 01 Aug 2016 09:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21209

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum