KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA (STUDI MODEL KOMUNIKASI MAHASISWA PATTANI UIN SUNAN KALIJAGA TERHADAP MASYARAKAT GOWOK YOGYAKARTA)

MUHAMMAD LAPSEE CHESOH, NIM. 12210103 (2016) KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA (STUDI MODEL KOMUNIKASI MAHASISWA PATTANI UIN SUNAN KALIJAGA TERHADAP MASYARAKAT GOWOK YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA (STUDI MODEL KOMUNIKASI MAHASISWA PATTANI UIN SUNAN KALIJAGA TERHADAP MASYARAKAT GOWOK YOGYAKARTA))
12210103_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA (STUDI MODEL KOMUNIKASI MAHASISWA PATTANI UIN SUNAN KALIJAGA TERHADAP MASYARAKAT GOWOK YOGYAKARTA))
12210103_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Setiap manusia dalam dinamika dan kegiatannya tidak bisa terlepas dengan orang lain. Meskipun ia bisa memenuhi atau melakukan kebutuhannya sendiri. Dalam kerangka hubungan, individu terkoneksi dengan orang lain baik dalam hubungan antarpribadi maupun antarbudaya yang masing-masing memiliki perbedaan latar belakang kebudayaan dan persepsi. Demikian dalam penelitian ini, mahasiswa Pattani sebagai pendatang di padukuhan Gowok berhubungan antarbudaya terhadap masyarakat. Hal inilah yang menempatkan mereka dan warga Gowok sebagai orang asing dalam perspektif masing-masing. Penelitian ini tentang model komunikasi antarbudaya mahasiswa Pattani terhadap masyarakat Gowok. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hal ini dimaksudkan untuk memperoleh gambaran deskriptif tentang permasalahan. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan kajian pustaka. Sedangkan pisau analisis berangkat dari teori manajemen kecemasan/ketidakpastian milik W.B Gudykunst. Penelitian ini mencari model yang digunakan mahasiswa Pattani untuk berkomunikasi antarbudaya terhadap masyarakat Gowok dan output yang dihasilkan dari komunikasi yang berlangsung. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, didapatkan bahwa model komunikasi yang digunakan oleh mahasiswa Pattani menggunakan model intercultural dialektis dan interpretasi. Di sini mereka belajar dan menafsirkan perilaku masyarakat Gowok. Selanjutnya mereka bisa berkomunikasi dengan bertolak pada manajemen penyebab ketidakpastian komunikasi antarbudaya. Dari inilah terbangunnya pengertin dalam hubungan tersebut yang kemudian mampu membawa mahasiswa Pattani masuk ke dalam akses-akses yang mereka butuhkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nanang Mizwar H.S.S, M.Si.
Uncontrolled Keywords: AUM, mahasiswa pattani, model komunikasi, output
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Aug 2016 09:40
Last Modified: 01 Aug 2016 09:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21211

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum