KOMODIFIKASI HIJAB DALAM IKLAN SAMPO SUNSILK CLEAN AND FRESH DI TELEVISI

PUTRI ISMA INDRIYANI, NIM. 12210049 (2016) KOMODIFIKASI HIJAB DALAM IKLAN SAMPO SUNSILK CLEAN AND FRESH DI TELEVISI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMODIFIKASI HIJAB DALAM IKLAN SAMPO SUNSILK CLEAN AND FRESH DI TELEVISI)
12210049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KOMODIFIKASI HIJAB DALAM IKLAN SAMPO SUNSILK CLEAN AND FRESH DI TELEVISI)
12210049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Televisi memiliki peran paling besar dalam realitas sosial saat ini. Program televisi yang dianalisis dalam penelitian ini adalah iklan televisi sampo Sunsilk Clean and Fresh versi Kepala Dingin Hati Sejuk, Juara Sunsilk Hijab Hunt 2015, dan Laudya Cynthia Bella. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh brand ambassador yang membintangi iklan tersebut semuanya menggunakan hijab. Disinilah terjadi pengalihan fungsi hijab dari nilai guna menjadi nilai tukar. Dalam iklan Sunsilk Clean and Fresh menjadikan hijab sebagai sebuah komoditas (nilai jual) dan kepentingan tertentu. Penelitian ini termasuk jenis penelitian analisis isi kritis dengan pendekatan kualitatif. Analisis yang digunakan adalah semiotika menurut Charles Sanders Peirce. Data utama yang digunakan adalah video iklan sampo Sunsilk Clean and Fresh dan data pendukung yang digunakan adalah data-data yang diperoleh dari media massa seperti internet dan televisi yang relevan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi yang diperoleh dari rekaman video iklan sampo Sunsilk Clean and Fresh. Setelah dilakukan analisis, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komodifikasi yang muncul pada iklan Sunsilk Clean and Fresh adalah komodifikasi konten yang terlihat dari tanda-tanda dan penggambaran cerita iklan tersebut. Penggunaan unsur hijab dalam iklan ini sangat kuat ketika dalam iklan tersebut memunculkan visualisasi yang menyerupai dengan realitas kehidupan masyarakat. Semua penggunaan hijab yang dikomodifikasikan menyebabkan adanya aspek agama yang diabaikan yakni dimana hijab sebagai perintah Allah digambarkan penggunaan hijab dalam iklan ini lebih mengarah pada segmentasi/tren populer saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nanang Mizwar Hasyim, S.sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: Komodifikasi, Hijab, Iklan Televisi
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Aug 2016 09:46
Last Modified: 01 Aug 2016 09:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21214

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum