KOMODIFIKASI PESAN DAKWAH ABU MUHAMMAD AL-INDONESI DALAM VIDEO “JOIN THE RANKS”

KHAIRUL ARIEF RAHMAN, NIM. 12210058 (2016) KOMODIFIKASI PESAN DAKWAH ABU MUHAMMAD AL-INDONESI DALAM VIDEO “JOIN THE RANKS”. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMODIFIKASI PESAN DAKWAH ABU MUHAMMAD AL-INDONESI DALAM VIDEO “JOIN THE RANKS”)
12210058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KOMODIFIKASI PESAN DAKWAH ABU MUHAMMAD AL-INDONESI DALAM VIDEO “JOIN THE RANKS”)
12210058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat tentang sebuah video yang di dalamnya memuat pesan-pesan dakwah yang disuarakan oleh Abu Muhammad Al-Indonesi. Video ini berjudul “Join The Ranks”. Video ini juga digunakan sebagai bahan penelitian. Penelitian ini sendiri berangkat dari sebuah video yang diproduksi oleh Al-Hayat Media Center yang berpusat di Suriah, dengan menampilkan tokoh Abu Muhammad Al-Indonesi sebagai tokoh sentral. Dalam video tersebut memuat sejumlah pesan dakwah untuk menarik khalayak khususnya umat Islam. Muaranya dari video ini ia mengajak umat Islam di Indonesia untuk bergabung dengan daulah Islamiyah (Negara Islam) yang berdiri di Irak dan Suriah tersebut. Sehingga pesan dakwah di dalam video ini mengalami transformasi pesan. Pesan dakwah tersebut yang seharusnya mengatasi problematika umat, menjadi pesan dakwah yang memiliki nilai tawar agar khalayak tertarik dengan apa yang Abu Muhammad Al-Indonesi sampaikan dalam video tersebut, terutama berkenaan dengan negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan memahami makna komodifikasi pesan dakwah pada video Join The Ranks. Penelitian ini menggunakan analisa semiotik model Roland Barthes. Analisa data yang digunakan menggunakan analisis semiotik Roland Barthes yang dikonsentrasikan pada tiga tanda 1) Denotatif, 2) Konotatif, 3) Mitos. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan studi dokumentasi berupa data bahan audiovisual (video) sebagai data primer. Untuk data sekunder peneliti menggunakan data berupa surat kabar maupun data elektronis seperti halaman web. Kesimpulan dari penelitian yang penulis lakukan menemukan bahwa dalam video ini terdapat 1) Pesan dakwah yang dari segi mitosnya terlihat benar dan menjanjikan, terutama bagi umat Islam yang masih awam, 2) Pesan dakwah tersebut tadi mengalami transformasi dari yang seharusnya menjawab problematika umat secara luas, menjadi pesan dakwah yang dapat menarik orang agar bergabung dengan ISIS/Daulah Islamiyah dengan melihat potensi dukungan umat Islam di Indonesia dan memandang dari satu sudut atas ajaran Islam. Sehingga isi kontennya kontroversial dan lebih menyerupai propaganda ketimbang pesan dakwah, serta ditambah dengan solusi ekonomi dalam bungkus pesan dakwah berupa tawaran jaminan kelayakan hidup dan fasilitas selama berada di sana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hamdan Daulay, M.Si., M.A.
Uncontrolled Keywords: Komodifikasi, Pesan Dakwah, Video
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Aug 2016 09:47
Last Modified: 01 Aug 2016 09:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21215

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum